Masuk 300 Besar Desa Wisata, Sandiaga Tertarik Kunjungi Pagatan Besar

0
612

Martapura – Desa Pagatan Besar  berhasil membanggakan nama Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) khususnya Kabupaten Tanah Laut (Tala) pasalnya desa  tersebut menjadi satu-satunya desa di Kalsel yang masuk dalam  300 Besar Desa Wisata, oleh karena itu Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin meminta para bupati dan walikota di daerah Kalsel untuk mencontoh Kabupaten Tala dalam mengembangkan desa wisata sesuai dengan  karakter masing-masing daerah. Hal itu Ia sampaikan dalam Kunjungan Kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) dalam rangka bertemu dengan Pelaku Ekonomi Kreatif dan Perwakilan Desa Wisata di Taman Hutan Raya Sultan Adam, Kabupaten Banjar, Kamis (2/9/2021).

Muhidin juga berharap dengan ditetapkannya Desa Pagatan Besar  dalam 300 besar desa wisata dapat memberikan dampak positif kepada  masyarakat setempat. 

Sementara itu Bupati Tala HM Sukamta menjelaskan bahwa Desa Pagatan Besar memiliki wisata unggulan yaitu ekowisata mangrove yang beda  dari objek wisata lain di Kalsel. 

“Desa wisata ini kita dorong karena ini adalah lokomotif ekonomi kita, ekonomi kreatif juga akan bermunculan  dari fashion seperti sasirangan, kuliner dan oleh-oleh khas daerah. Kedepan kita siapkan lima desa wisata baru yang memiliki karakter  dan ciri khasnya masing-masing,”ujarnya.

Sukamta pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menparekraf Sandiaga Uno karena telah memberikan stimulan  kepada Desa Pagatan Besar melalui Apresiasi Desa Wisata Indonesia, “Kami sungguh tidak menyangka  bahwa desa kami masuk dalam 300 besar desa wisata terbaik di Indonesia . Semoga ini bias menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Bumi Tuntung Pandang,”cetusnya. 

Mendengar pemaparan tentang Desa Pagatan Besar, Menparekraf Sandiaga Uno pun mengaku tertarik akan berkunjung ke desa wisata tersebut, “Saya akan kesana nanti dalam kunjungan kerja yang selanjutnya, kemarin saya yang memberikan plakat dan piagam penghargaan kepada Desa Pagatan Besar ini, semoga kedepan ada lebih banyak lagi desa wisata dan saya tunggu kemunculan ekonomi kreatifnya, sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Desa Pagatan Besar, “ujarnya.

Lebih lanjut pria yang memiliki nama lengkap Sandiaga Salahudin Uno itu  mengatakan bahwa desa wisata merupakan masa depan pariwisata Indonesia dan symbol kebangkitan ekonomi. “Dengan potensi desa wisata menjadi masa depan Indonesia, dengan adanya desa wisata ini juga membukakan lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya untuk masyarakat kita,”tutupnya.ary/Prokopim Tala

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here