Monumen Bersejarah Munggu Raya Diresmikan

0
255

Kandangan – Tanggal 2 September merupakan momen yang sangat penting bagi perjuangan rakyat Kalimantan khususnya Kalimantan Selatan (Kalsel) karena tepatnya pada hari Jum’at 2 September 1949 di gelar pertemuan atau perundingan di Munggu Raya antara pemimpin gerilya Hassan Basry dengan Belanda (NICA) di bawah pimpinan Residen Borneo Selatan A.D Deelman dan delegasi Pemerintah Indonesia saat itu Mayor Suharjo beserta penengah UNCI (PBB).

Pada kesempatan tersebut Jenderal Mayor Suharjo atas nama pemerintah mengakui keberadaan ALRI DIVISI IV sebagai bagian dari Angkatan Perang Indonesia, dengan pemimpin Hassan Basry dengan pangkat Letnan Kolonel.

Hari ini Kamis tepat 2 September 2021, untuk melestarikan nilai-nilai juang atau tempat-tempat yang dulu menjadi tempat bersejarah perjuangan di Kalsel, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry, meresmikan renovasi Monumen Munggu Raya yang berlokasi di Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya Selatan.

Peresmian Monumen Munggu Raya ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati HSS didampingi Wakil Bupati (Wabup) HSS Syamsuri Arsyad selaku ketua Dewan Harian Cabang (DHC) 45 Kabupaten HSS, Manager External Affair PT. AGM Andhika Dewa Permata sebagai donator pembangunan dan Kepala Stasiun TVRI Kalsel.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan direnovasinya Monumen Munggu Raya ini diharapkan menjadi penyemangat bagi generasi penerus untuk terus melanjutkan perjuangan para pahlawan terdahulu dengan pembangunan.

“ini menjadi momen bersejarah bahwa Kalimantan khususnya Kalimantan Selatan tetap utuh dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, jika didaerah lain ada RIS (Republik Indonesia Serikat) kita tidak mengenal RIS kita tetap NKRI” ucap Bupati.

Bupati juga mengatakan, Monumen Munggu Raya ini sendiri nantinya bisa menjadi salah satu tempat wisata budaya yang dapat dikunjungi untuk melihat secara langsung nilai-nilai sejarah perjuangan. Kita bersyukur akses jalannya kesini juga sudah nyaman, sehingga anak-anak sekolah bisa kesini untuk belajar mengenal sejarah secara langsung,” tuturnya.

Sementara itu Wabup HSS Syamsuri Arsyad yang juga selaku Ketua DHC 45 Kab. HSS menerangkan, renovasi Monumen Munggu Raya kali ini merupakan wujud dari program kerja organisasi DHC 45 terhadap pewarisan nilai-nilai kejuangan karena 2 September ini peristiwa bersejarah yang bersifat internasional di samping 17 Mei Peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan. Ary/Prokopim HSS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here