Gubernur Kalsel Bakal Menerima BKN Award

0
144

Banjarbaru – Pemerintah Provinsi Kalsel meraih BKN Award 2021 untuk kategori pemerintah provinsi tipe B. Raihan BKN Award ini diberikan Badan Kepegawaian Negara (BKN) atas keberhasilan Pemerintah Provinsi Kalsel menjadi peringkat 1 atas capaian dalam perencanaan kebutuhan, pelayanan, pengadaan dan pensiun.

Atas keberhasilan tersebut Pemprov Kalsel dalam hal ini Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bakal menerima piagam Penghargaan BKN Award akan diserahkan secara langsung oleh Kepala BKN Republik Indonesia Bima Haria. Teragendakan penyerahan piagam resminya bakal dilakukan pada tanggal 27 September 2021 di Kalsel.
Selain penyerahan penghargaan, Kepala BKN dalam agenda di Kalsel juga akan meninjau pelaksanaan seleksi CASN di titik lokasi Gedung Ideham Kholid dan BKN Regional VIII Banjarmasin.

Kepala BKD Kalsel Sulkan saat dikonfirmasi jejak banua.com mengatakan terdapat lima kategori dalam BKN Award 2021, yaitu Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan Kepangkatan dan Pensiun (Kategori I); Implementasi SAPK dan Pemanfaatan CAT (Kategori II). Kemudian Penilaian Kompetensi (Kategori III); Implementasi Penilaian Kinerja (Kategori IV); dan Komitmen Pengawasan dan Pengendalian (Kategori V).

“Dari lima kategori itu, Pemprov Kalsel berhasil meraih satu kategori, yakni pengelolaan kepegawaian terbaik kategori 1 yaitu perencanaan kebutuhan,  pelayanan, pengadaan dan pensiun,” terang Sulkan, Jumat (24/9)

Dikatakan Sulkan prestasi tersebut adalah prestasi seluruh ASN dan stakeholder terkait yang selama ini berkolaborasi meningkatkan profesionalisme di bidang kepegawaian.

“Alhamdulillah Kalsel berhasil meriah satu kategori yakni penghargaan terbaik pengelolaan kepegawaian Bidang Kepangkatan dan Pensiun,” terangnya.

Menurut Sulkan “BKN Award ini pendorong semangat pihaknya untuk mewujudkan birokrasi yang profesional.

Kepala BKD Kalsel, menyampaikan ucapan terima kasih kepada BKN Pusat, kantor Regional   (Kanreg)   VIII   Badan Kepegawaian   Negara   (BKN) Banjarmasin, yang selama ini memberikan atensi kepada Pemprov, dan Pemkab/Pemko se-Kalsel.

“Penghargaan dan ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada pejabat pembina kepegawaian daerah, sekretaris daerah, pemangku kepentingan, seluruh ASN serta tenaga honorer/ kontrak, yang turut bersinergi menata administrasi kepegawaian yang lebih baik,” ucap Sulkan.

Atas anugerah BKN Award ini, lanjut Sulkan, diharapkan sumber daya yang sudah ada, kinerja dan inovasi instansi dapat dikembangkan lagi, serta dapat menjadi inspirasi instansi daerah. 

Berdasarkan bank data jejakbanua.com, ini adalah penghargaan nasional kedua bidang administrasi kepegawaian di tahun 2021 yang diraih Pemprov Kalsel.

Pada awal tahun 2021 juga menerima penghargaan Meritokrasi dengan kategori “Baik” dari Komisi ASN.

Kepala BKN, Bima Haria mengatakan, BKN Award diberikan kepada pengelola kepegawaian yang meliputi Kementerian/Lembaga Non-Kementerian/Instansi Daerah (K/L/D).

“BKN Award menjadi motivasi baru bagi instansi untuk meningkatkan kinerja dalam mengelola ASN,” kata Bima Haria.

Bima menjelaskan, terdapat lima kategori dalam BKN Award 2020, yaitu Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan Kepangkatan dan Pensiun (Kategori I). Implementasi SAPK dan Pemanfaatan CAT (Kategori II); Penilaian Kompetensi (Kategori III).

Implementasi Penilaian Kinerja (Kategori IV); dan Komitmen Pengawasan dan Pengendalian (Kategori V). Implementasi Penilaian Kinerja (Kategori IV); dan Komitmen Pengawasan dan Pengendalian (Kategori V). Ary/bdm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here