Pemprov Kalsel Dorong Percepatan Pembangunan Perkebunan Dan Peternakan

0
539


TANJUNG – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan melakukan diskusi terbatas terkait sinergitas program prioritas propinsi dengan kabupaten dalam menjawab tantangan swasembada pangan 2024 dan persiapan penyediaan pangan dengan Pemerintah Kabupaten Tabalong yang akan menjadi pintu gerbang Ibukota Negara, di Pemkab Tabalong, Kamis (30/9).
.
Pada Subsektor Perkebunan, Tabalong merupakan Sentra Karet yang terluas di KalSel mencapai 69 ribu hektar.Ini sangat potensial meningkatkan nilai ekspor komuditas pertanian. Seiring dengan meningkat nya harga karet dunia yang membuat pekebun menjadi bergairah kembali untuk berusaha karet. Program prioritas pemprov sejalan dengan Program Nasional untuk meningkatkan kesejahteraan pekebun karet adalah melalui Peremajaan karet, Intensifikasi tanaman karet, Peningkatan Mutu Bokar serta peningkatan Sarana dan prasarana pendukungnya melalui pengembangan Korporasi pekebun berbasis kawasan karet. Di kab Tabalong terdapat sekitar 5000 Ha tanaman karet rusak dan perlu segera diremajakan. Dan tentunya dana peremajaan tidak hanya bersumber dari APBN, APBD 1, APBD 2 namun dengan kondisi keuangan negara saat ini akibat dampak covid maka pekebun perlu didorong untuk memanfaat kan Kredit Usaha Rakyat ( KUR) bunga rendah ucap Suparmi dalam arahannya .

Subsektor perkebunan lainnya ysng perlu didorong adalah Pengembangan Lada, Permintaan akan komuditas ini terus mengalani kenaikan setiap tahunnnya. Pada subsektor Peternakan; khususnya Komuditas sapi potong, Tabalong masih tergantung dengan daerah. Populasi saat ini sekitar 3500 dengan kebutuhan pertahun nya mencapai 4.000 ekor. Sedangkan dari hasil Program SIKOMANDAN tiap tahun nya Tabalong baru mampu menghasilkan pedet sekitar 500 ekor. Karena itu percepatan swasembada sapi potong dan juga mendukung penyediaan IKN perlu dibentuk korporasi sapi potong diwilayah sentra sapi disertai intervensi penambahan sapi indukannya. Disbunnak Kalsel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini