Paman Birin Siap Perjuangkan Pembangunan Bendungan Jaro

0
381

Tanjung – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor siap memperjuangkan pembangunan bendungan Jaro yang nantinya akan berguna sebagai pengendali banjir sekaligus mengairi pertanian di wilayah Kabupaten Tabalong. Hal tersebut diungkap Paman Birin kala melakukan panen padi bersama masyarakat di Desa Nalui Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Jum’at (8/10).

Panen ini dilakukan masih dalam rangkaian Turdes vaksinasi bergerak yang dipimpin Gubernur Kalimantan Selatan bersama jajaran.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengatakan pembangunan bendungan Jaro akan menjadi infrastruktur pendukung pertanian dan meningkatkan produktivitas padi.

“Berkaitan dengan infrastruktur yang bisa mendorong produktivitas pertanian seperti bendung tadi akan terus kita perjuangkan kalau perlu sama sama dibangun dengan daerah lain  supaya terjadi keseimbangan,” sebut Paman Birin

Ia juga mengucapkan syukur dan bahagia karena dapat bersama-sama masyarakat Desa Nalui memanen padi. “Alhamdulillah panen lagi tanam lagi,” ucapnya.

Menurut Paman Birin, meski masih berada di masa pandemi Covid 19, namun sektor pertanian dapat terus bertahan dan menunjukkan produktivitasnya. 

Hal ini dibuktikan beberapa kali dirinya panen di masa pandemi, ini menunjukkan sektor pertanian merupakan sektor yang dapat bertahan bahkan tetap produktif di masa pandemi. 

Paman Birin mengatakan, produksi padi di banua Kalimantan Selatan terus mengalami peningkatan. 

Dirinya optimis dengan terjaganya produksi padi maka akan berdampak pada perekonomian yang akan lebih baik. Terlebih, ketika pemindahan ibu kota ke Kaltim terlaksana maka Kalsel harus siap menjadi pintu gerbang menyuplai kebutuhan pangan pokok.

Sebelumnya, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani meminta dukungan  Pemprov Kalsel  terkait pembangunan Bendungan Jaro.

Menurut Bupati Tabalong, Kecamatan Jaro mempunyai potensi besar untuk dikembangkan dan siap untuk menjadi Food Estate.

“Kami harapkan Pemerintah Provinsi dapat lebih memberi perhatian kepada kami, untuk meningkatkan produktivitas padi, terlebih Ibu Kota Negara akan banyak keperluan pangan dan akan mencarinya ke daerah terdekat yakni Kabupaten Tabalong,” katanya.

Pada panen padi kali ini Paman Birin juga menyerahkan bantuan bibit padi, bibit  jagung dan alat pertanian dengan total nilai Rp 1,8 miliar. (syh/adpim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini