Kandangan – Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, S.AP, MA yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka HSS membuka secara resmi kegiatan Jamboree On The Air (JOTA) dan Jamboree On The Internet (JOTI) Pramuka tahun 2021 tingkat Kabupaten HSS di Pendopo Wakil Bupati HSS, Jumat (15/10/2021).

Untuk diketahui, kegiatan JOTA untuk pertama kalinya diprakarsai oleh seorang amatir radio dari Inggris bernama Leslie R.Mitchel (G3BHK), dalam rangka memperingati 50 tahun Gerakan Pramuka Dunia (Scout) pada tahun 1957.

Secara teknis, kegiatan JOTA menggunakan perangkat radio amatir, dengan mode CW (morse), maupun SSB, pada high frequency (HF) dalam rangka memperkenalkan dunia amatir radio dan membantu anggota Pramuka untuk dapat berkomunikasi dengan sesama anggota Pramuka lainnya di seluruh dunia, tentunya dengan sesama anggota pramuka dari berbagai Provinsi dan Kabupaten/kota di seluruh Indonesia melalui perangkat radio amatir.

Begitu pula dengan JOTI, yang pada prinsipnya sama dengan JOTA, namun sesuai dengan namanya Jamboree On The Internet, tentu perangkat yang digunakan adalah melalui fasilitas internet.
Kegiatan Jota Joti tahun 2021 ini terlaksana berkat Kerjasama antara Kwartir Cabang Gerakan Pramuka HSS dengan Dinas Kominfo HSS serta ORARI Lokal Kandangan.

Dalam sambutan Bupati HSS yang dibacakan Wakil Bupati HSS menyambut baik terlaksananya kegiatan Jota – Joti tahun 2021 Kwarcab HSS pada hari ini dan berharap melalui kegiatan ini akan dapat memberikan kesempatan kepada para anggota Pramuka Kwarcab HSS untuk turut berpartisipasi melalui radio amatir maupun melalui internet dalam rangka bertukar informasi dan pengetahuan.

Media radio amatir maupun internet merupakan salah satu jalan untuk mendapatkan informasi terkait kepramukaan sebagai wadah saling tukar ilmu, pengetahuan dan keterampilan.

Melalui kegiatan Jota Joti, peserta diharapkan dapat berkomunikasi langsung dengan anggota pramuka luar daerah dan dapat saling mengenal sekaligus bersilaturrahmi.

Melalui kegiatan jota – joti ini juga merupakan salah satu cara mengenalkan kepada generasi muda kita manfaat positif kemajuan teknologi. Sehingga mereka dapat memanfaatkannya untuk berbagai hal yang positif yang bermanfaat bagi pengembangan diri dan masa depan mereka.

Dalam kesempatan tersebut Wabup juga berharap berharap kepada anggota Pramuka di Kabupaten HSS agar senantiasa bijak dalam memanfaatkan teknologi yang ada. “Jangan sampai kita menjadi terpengaruh akibat negatif perkembangan zaman dan kemajuan teknologi” ungkap Wabup.

Sebelumnya juga Andi selaku Ketua Sangga Kerja kegiatan Jota-Joti tingkat Kwarcab HSS menyampaikan bahwa waktu pelaksanaan dimulai pada tanggal 15 s.d 19 Oktober 2021. Sedangkan peserta adalah perwakilan Gugus Depan, Dewan Kerja Cabang, Dewan Kerja Ranting, dan Kwartir Ranting dengan total keseluruhan peserta 59 Orang.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kominfo HSS, dari Polres HSS, dari Kodim 1003/HSS, dari ORARI Lokal HSS beserta jajaran, para Wakil Ketua Kwarcab HSS beserta jajaran, Camat Kandangan selaku Kamabiran Kandangan, DKC dan peserta Pramuka Penegak dan Pandega.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here