Kalsel Masuk Target Pembangunan Kelapa Sawit Berkelanjutan

0
164

Banjarbaru – Pemerintah Prov Kalsel bersama Pemerintah Kabupaten Wilayah Kelapa Sawit Mengikuti Webinar Panduan Penyusunan dan Penerapan Rencana Aksi Daerah Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAD KSB) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah secara Offline dan Online, Senin (25/10).
.
Dari Pemprov KalSel hadir secara daring yang mewakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. KalSel; Perwakilan Bappeda Prov. KalSel; Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan drh Suparmi beserta Jajarannya. Sedangkan dari Kabupaten wilayah Kelapa Sawit di hadiri perwakilan dari Setda; Bappeda dan Kepala Dinas yang bidangi Perkebunan masing -masing Kabupaten.
.
Tujuan Penyusunan RAD KSB adalah Memberikan pedoman bagi pemangku kepentingan terkait kelapa sawit untuk meningkatkan sinergi, koordinasi, dan komunikasi dan Menyediakan instrumen untuk monitoring dan evaluasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan.
.
Tahapan Penyusunan Dokumen RAD KSB Pertama Pembentukan Tim Penyusun Diketuai Kepala OPD pelaksana sektor perkebunan dan melibatkan sektor terkaitMenetapkan tim penyusun dengan SK Kepala Daerah,Kedua Persiapan Penyusunan Pengumpulan Data dan Informasi umum maupun teknis,Ketiga Perumusan Rencana Aksi Memilih dan menetapkan program & kegiatan prioritas untuk dimasukkan dalam dokumen RAD, Konsultasi Publik Untuk mendapatkan masukan dari pemangku kepentingan terkait dan Kelima Penetapan Melalui Peraturan Kepala Daerah, sesuai ketentuan yang berlaku,Sosialisasi publik, untuk meningkatkan pemahaman dan komitmen bersama.
.
Kalimantan Selatan dalam panduan tersebut ditargetkan penyusunan RAD KSB tahun 2022, namun demikian Pemprov KalSel telah menginisiasi penyusunan RAD KSB Prov.KalSel 2021-2024 dengan tahapan yang sudah dilaksanakan Sosialisasi dan pendampingan dari Sekretariat RAN KSB; Pembentukan SK Tim Pelaksana Daerah; Penyusunan Rencana Aksi dan penyusun draf Pergub serta FGD dengan OPD terkait. Ary
.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here