Jumat, Maret 29, 2024
BerandaHukumPemprov Kalsel Raih Bhumandala Award 2021

Pemprov Kalsel Raih Bhumandala Award 2021

Jakarta – Pemerintah Provinsi Kalsel kembali menuai penghargaan. Kali ini Pemprov Kalsel melalui Bappeda (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah) meraih Bhumandala Award 2021 dari Badan Informasi Geospasial. 

Penyerahan Bhumandala Award akan diserahkan kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Hotel Grand Mercure Jakarta pada Jumat (29/10) besok. Terkait hal tersebut, Badan Informasi Geospasial telah mengundang Gubernur Kalsel untuk menerima penghargaan.

Seperti diketahui Penyelenggaraan Penghargaan Bhumandala – Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial telah memasuki tahun ketiga sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2017. Penghargaan Bhumandala – Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial merupakan bentuk apresiasi Badan Informasi Geospasial kepada Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota yang telah mengembangkan inovasi pemanfaatan informasi geospasial dalam tata kelola pemerintahannya sehingga berdampak pada produktivitas maupun efektivitas kinerja.

Badan Informasi Geospasial melalui surat mengucapkan selamat kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan atas Inovasi “Sistem Informasi Pertanian Beririgasi (SITARI)” yang dikembangkan oleh Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan. Inovasi itu telah berhasil meraih Inovasi Terbaik (Piala Emas) bersama dengan Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat dan Kota Banjarmasin.

Program nasional ketahanan pangan perlu mendapat dukungan data dan informasi geospasial yang baik. Integrasi antara lokasi lahan pertanian dan jaringan irigasi yang dibuat oleh Provinsi Kalimantan Selatan dalam SITARI mampu memfasilitasi kebutuhan integrasi informasi tersebut. WebGIS SITARI dibangun secara internal menggunakan kapasitas lembaga dan SDM yang dimiliki. Sistem ini memiliki berbagai fungsi analisis spasial yang baik dan terbukti mampu menyajikan informasi yang dibutuhkan.

SITARI diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi sistem yang terintegrasi secara luas. Aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan geoportal Provinsi Kalimantan Selatan, memanfaatkan data di geoportal dan sekaligus memperkaya data yang ada di geoportal. 

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor saat dikonfirmasi mengucapkan terima kasih atas diberikannya penghargaan Bhumandala Award ini. “Tentu kita bersyukur dan berharap dengan raihan penghargaan itu dapat meningkatkan kinerja Pemprov Kalsel dalam rangka pembangunan dan pelayanan publik,” kata Paman Birin.

Sementara Kepala Bappeda Kalsel Nurul Fajar Desira mengatakan pada penilaian tahun 2020 lalu Kalsel masuk tiga besar. 

Portal informasi Geospasial adalah pemetaan sebuah wilayah yang dilengkapi dengan data potensi-potensi alam dan keunggulan komparatif yang dimiliki daerah tersebut.

Provinsi Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi yang mendapat fasilitasi pembangunan simpul jaringan Geospasial melalui program lumbung. “Perangkat keras dan perangkat lunak dari kegiatan tersebut masih digunakan dan berjalan dengan baik,” kata Fajar.

Hal ini menunjukkan perhatian Pemprov Kalsel terhadap kegiatan penyelenggaraan IG (informasi Geospasial) dan pemanfaatan yang terus berlanjut.

“Kalimantan Selatan menyediakan berbagai tema peta di geoportal. Sistem untuk akses peta yang tersedia cukup baik dan dapat digunakan untuk pemantauan penggunaannya. Kalimantan Selatan juga mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis IG untuk berbagai keperluan,” terang Fajar. Ary

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments