Inovasi Dinsos Kalsel, Luncurkan Aplikasi Datu Soban

0
158

Banjarmasin – Salah satu permasalahan utama terkait penyaluran bantuan kepada masyarakat adalah kurang validnya data penerima. Hal ini menyebabkan tidak jarang terjadi penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran. Namun ada kabar gembira dengan kehadiran Aplikasi Data Terpadu Sosial Banua (Datu Soban) yang diinisiasi oleh Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dalam acara launching aplikasi Datu Soban Kepala Dinsos Kalsel, Siti Nuriyani menjelaskan aplikasi ini merupakan upaya menyediakan suatu media yang dapat menampung dan mengelola 26 Data Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) serta 12 Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) pada 13 Kabupaten/Kota di Kalsel.

“Pemanfaatan dari penggunaan aplikasi ini untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan di Dinsos Kalsel,” kata Nuriyani.

Aplikasi Datu Soban merupakan kerjasama antara Dinas Sosial Provinsi Kalsel dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Keluarga Berencana Provinsi Kalsel.

“Tidak hanya Diskominfo Kalsel, tetapi juga kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Keluarga Berencana Provinsi Kalsel dalam upaya padu dan validasi data kependudukan,” kata Nuriyani menambahkan.

Gusnanda Effendi, S.Pd, MM Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinsos Provinsi Kalsel turut menjelaskan bahwa aplikasi ini merupakan suatu kemajuan karena mencakup kategori yang lebih luas untuk penerima manfaat bantuan kedepannya.

“Kalau data yang dulu itu (DTKS) hanya orang miskin saja yang terdata. Tapi dengan aplikasi ini akan lebih luas lagi. Jadi mencakup disabilitas, anak terlantar, lansia dan masih banyak lagi,” tutur Gusnanda.

Diharapkan aplikasi Datu Soban ini dapat memberikan akses kemudahan bagi instansi lainnya, dan dapat membantu stakeholder penyalur bantuan, serta infomasi umum bagi masyarakat maupun akademisi. Ary/Ah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here