Paman Birin Mainkan Pantul Berlakon di Ragam Pesona Budaya Banjar 2021

0
152

Banjar – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor meramaikan malam puncak Ragam Pesona Budaya Banjar 2021 yang digelar Taman Budaya Kalsel, Senin (29/11) di Kiram  Park Kabupaten Banjar. Kehadiran Paman Birin menjadi magnet tersendiri bagi penonton yang hadir di sana.

Cuaca yang tak mendukung karena hujan sejak sore hari, tak menyurutkan Paman Birin untuk ikut bermain teaterikal khas banua yaitu Pantul berlakon. Bersama para seniman banua, Paman Birin berhasil menghibur para penonton yang hadir dengan berbagai candaan.

Selain itu Paman Birin menyisipkan pesan moral, doa serta harapan agar Kalsel dapat lebih maju dan sejahtera dan dilancarkan pembangunan serta terbebas dari segala bencana seperti pandemi Covid 19.

Selain bermain Pantul Berlakon, Paman Birin juga didaulat bernyanyi dalam acara tersebut.

Kepala Taman Budaya Kalsel Suharyati mengatakan kegiatan tersebut diperingati sekaligus dalam rangka Hari Guru 2021. “Kegiatan Pantul Berlakon dan bermusik ini adalah puncak kegiatan Ragam Pesona Seni Budaya Banjar 2021, yang digelar dalam beberapa hari,” kata Suharyati.

Diterangkan Suharyati, Pantul Berlakon adalah seni budaya khas Banjar yang perlu dilestarikan. “Pantul berlakon ini mengalami perkembangan sekarang, dulu kan pemainnya menggunakan topeng, tapi sekarang kita menampilkan dengan menggunakan rias wajah, jadi kali ini berbeda,” kata Suharyati.

Sejauh ini,  Taman Budaya Kalsel telah mengembangkan dan memberikan ruang bagi para seniman Banjar untuk menyalurkan bakat dan karyanya. “Baik itu seni pertunjukan hingga seni rupa, kita telah memberikan ruang bagi para seniman untuk berkreasi,” jelas Suharyati.

Dalam giat Ragam Pesona Budaya Banjar 2021 telah dilibatkan 167 sanggar dan komunitas seni di Kalsel. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here