Dinas PUPR Kalsel Berlakukan Gerakan Hemat Energi

0
185

Banjarbaru – Kantor Dinas PUPR Kalsel di Banjarbaru menjalankan program gerakan hemat energi sejak tahun 2020. Hasilnya,  Dinas PUPR Kalsel mendapatkan juara 3 nasional PSBE (penghargaan Subroto bidang efisiensi energi) untuk kategori gedung lama pemerintahan sehingga meraih penghargaan Subroto 2021 dari Kementerian ESDM.

Sekretaris Dinas PUPR Kalsel Nasrullah mengatakan keberhasilan gedung Dinas  PUPR provinsi Kalsel meraih penghargaan Subroto 2021, tak lepas dari komitmen pimpinan dan  kolaborasi seluruh jajaran Dinas PUPR dalam melakukan upaya penghematan energi.

“keikutsertaan gedung Dinas PUPR Kalsel dalam penilaian hemat energi gedung lama  pemerintahan, merupakan inisiatif langsung dari Plt Kepala Dinas PUPR Kalsel Roy Rizali Anwar,” kata Nasrullah, usai menghadiri penyerahan penghargaan Subroto oleh perwakilan Kementerian ESDM kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, di Kiram Park Kabupaten Banjar, Senin (29/11) tadi.

Menurutnya, komitmen pimpinan inilah yang menjadi modal penting dalam penilaian tersebut. “Sehingga eksekusi di lapangan menjadi mudah baik dari segi fasilitas maupun pembiayaan,” kata Nasrullah.

menurutnya indikator terpenting dari penghematan energi adalah mengoptimalkan pemakaian listrik secara efektif. “Gerakan hemat energi yang  yang telah dilakukan Dinas PUPR  diantaranya mengganti sebagian besar lampu dengan lampu hemat energi, memasang lampu sensor gerak di toilet, gerakan melakukan kontrol AC, serta membentuk gugus tugas untuk memantau lokasi tertentu yang perlu diawasi,” ungkap Nasrullah.

Penghargaan Subroto 2021 merupakan yang keempat kalinya diraih oleh SKPD di lingkup Pemprov Kalsel sejak kepemimpinan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Sementara Paman Birin mengapresiasi kinerja jajaran PUPR Kalsel yang berhasil menjalankan program hemat energi. 

“Semoga dengan raihan ini, gedung kantor Dinas PUPR Kalsel dapat menjadi teladan bagi SKPD lainnya pada tahun mendatang,” kata Paman Birin. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here