Banjarbaru – Dinas PUPR Kalsel meraih penghargaan peringkat pertama dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor sebagai perkantoran ramah lingkungan tahun 2021. Prestasi Ini melengkapi setelah sebelumnya meraih penghargaan Subroto 2021 dari Kementerian ESDM RI dalam kategori penghematan energi di gedung lama kantor pemerintahan. 

Plt Kadis PUPR Kalsel Roy Rizali Anwar menerima penghargaan kantor ramah lingkungan dari Gubernur Sahbirin Noor di sela  kegiatan Musrenbang 2021 di Gedung Idham Chalid Banjarbaru, Rabu (1/12). Sementara Dinas Kehutanan dan Bappeda menempati urutan dua dan tiga sebagai kantor ramah lingkungan.

Dalam sambutannya Paman Birin mengucapkan selamat kepada ketiga SKPD yang telah meraih penghargaan dengan nilai sangat baik maupun baik dalam penilaian perkantoran ramah lingkungan 2021. 

Ia meminta agar perkantoran lain di lingkungan Pemprov Kalsel juga menerapkan perilaku ramah lingkungan. “Seluruh ASN agar dapat sekiranya mengelola sampah dengan baik dan efisiensi dalam menggunakan energi di lingkungan kantor masing – masing,” kata Paman Birin. 

Sementara Sekretaris Dinas PUPR Kalsel Nasrullah bersyukur atas raihan tersebut. “Sejak awal komitmen pimpinan Bapak Roy Rizali Anwar selaku Plt Kadis PUPR Kalsel sudah memberikan arahan kepada seluruh jajaran untuk menerapkan kantor ramah lingkungan,” kata Nasrullah.

Komitmen tersebut diaplikasikan dalam bentuk  konkret seperti penghijauan di lingkungan kantor, pengelolaan bank sampah, pengelolaan kompos, taman, pembuatan sumur resapan, kebun sayur, serta pemilahan sampah organik dan anorganik. “Kita juga berkomitmen melakukan pengurangan penggunaan plastik di lingkungan perkantoran,” kata Nasrullah. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here