Kandangan – Menindaklanjuti arahan khusus Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), yang meminta kewaspadaan dan kehati-hatian atas masuknya virus baru Covid-19 Varian Omicron, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar Rapat Koordinasi bertempat di Aula Ramu Lantai II Setda, Senin (20/12).

Rapat koordinasi ini dipimpin langsung oleh Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kab. HSS dan di ikuti pula oleh Kapolres HSS AKBP Sugeng Priyanto SIK MH, Sekda HSS Drs. H. M. Noor, M.AP, Kepala Kementerian Agama HSS dan Kepala OPD terkait serta para Camat se Kab. HSS.

Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan, sesuai arahan Presiden RI untuk kewaspadaan terhadap munculnya virus varian Omicron, Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kab. HSS hari ini telah mengecek kesiapan rumah sakit daerah baik rumah sakit Hassan Basry Kandangan maupun Daha Sejahtera. “ seandainya ini terjadi, rumah sakit kita sudah siap baik rumah sakit Hassan Basry sebagai karantina khusus maupun Daha Sejahtera, tempat tidur, oksigen, obat-obatan semuanya sudah tersedia maupun nakesnya, tapi kita berharap semua itu tidak terjadi” kata bupati.

Bupati juga menegaskan pemerintah tidak pernah kendur dalam menerapkan kebijakan 3T (testing, tracing, treatment) juga terus mendorong dan mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Berkaitan dengan vaksinasi, Bupati menjelaskan mulai hari ini sampai 10 hari ke depan, vaksinasi akan dilakukan dengan target yang jelas orangnya jelas dan semua kekuatan akan di kerahkan. “semua ASN baik pejabat dari eselon II sampai IV wajib turun untuk membantu pemerintah desa mengawal warganya untuk vaksin ditambah dukungan dari TNI/Polri” ujarnya.

Selain itu masyarakat juga diwajibkan untuk segera ikut vaksin karena bagi yang tidak mau vaksin maka akan terkendala berurusan dengan pemerintah termasuk pemegang kartu BPJS akan segera keluar surat dari Dinas Kesehatan yang mengharuskan pemegang kartu BPJS wajib vaksin. Apabila mereka belum vaksin pada saat ingin mendapat pelayanan berobat maka status kartunya akan non aktif.

Untuk menggairahkan masyarakat untuk ikut vaksin Pemkab. HSS akan menyediakan berbagai macam hadiah yang akan di undi per 30 Desember. Hadiahnya mulai dari kulkas, mesin cuci, sepeda sampai sepeda motor. “ini akan kita undi per 30 Desember apabila target capaian vaksin kita sudah sampai 70 % tapi jika belum tercapai akan kita tunda dulu undiannya, mudah-mudahan ini bisa mendorong masyarakat untuk ikut vaksin” tutur bupati.

Bupati juga mengingatkan agar masyarakat agar tidak abai terhadap masker, mulai hari esok akan di intensifkan razia masker di titik-titik tertentu. “mereka yang kedapatan melanggar akan dikenakan sanksi sesuai Perbup yang mengatur tentang prokes, juga akan dilaksanakan vaksinasi di tempat bagi mereka yang kena razia dan belum vaksin maka akan dilakukan vaksin di tempat” tegas bupati.

Menjelang natal dan tahun baru, Bupati juga mengungkapkan pemerintah daerah bersama jajaran kepolisian akan mengamankan titik-titik tertentu, khususnya di malam-malam tertentu semua fasilitas umum akan di padamkan tidak ada kegiatan termasuk yang buka usaha diberi batas waktu buka sampai jam 9 malam. “jangan sampai ada yang mengalihkan kerumunan tidak di lapangan tapi berkerumunnya di kafe, jadi mohon perhatian dan pengertian kepada pemilik kafe, surat resminya nanti akan kami kirimkan” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here