Banjarmasin – RSUD Ulin Banjarmasin melaksanakan operasi jantung terbuka perdana pada Kamis (23/12/2021) siang. Hal ini menjadi catatan sejarah manis bagi RSUD Ulin Banjarmasin bahkan peristiwa ini dipantau langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor didampingi Kadinkes HM Muslim serta Direktur RS Harapan Kita Jakarta Dr Hananto.

Operasi bedah jantung terbuka itu juga bisa disaksikan melalui layar TV yang terpasang di Ulin Tower Lantai 8.

Paman Birin mengatakan pelaksanaan operasi  Jantung Terbuka pertama kalinya di RSUD Ulin ini merupakan kabar gembira bagi masyarakat Kalsel. “Ini langkah awal bagi pelayanan jantung terpadu RSUD Ulin bagi warga Banua bahkan Kalteng,” katanya.

Masyarakat tak perlu lagi ke luar daerah bahkan ke luar negeri untuk melakukan operasi jantung terbuka namun kini sudah dapat dilayani di RSUD Ulin. 

Paman Birin mengucapkan terima kasih kepada pihak RS Harapan Kita yang telah membina sehingga RSUD Ulin mampu melaksanakan operasi jantung terbuka perdana. “Keberhasilan operasi jantung perdana ini setelah melalui proses panjang, kami  memberikan apresiasi dan bangga atas capaian ini, RSUD Ulin telah melaksanakan fungsi pelayanan dengan baik dan terima kasih kepada semua tim RSUD Ulin beserta para Nakes,” katanya.

Sementara Plt Dirut RSUD Ulin Banjarmasin Dr Izaak Zoelkarnain Akbar mengatakan operasi jantung terbuka perdana ini digelar tak lepas dari dukungan dan arahan  Gubernur Kalsel beserta jajaran Pemprov Kalsel.

Pada operasi jantung perdana ini ada dua pasien yang ditangani yakni berusia 60 tahun dan 63 tahun. “Operasi yang  dilaksanakan adalah By pass jantung dilakukan pada hari ini dan besok,” kata Izaak.

Izaak juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Kemenkes RI yang telah mempercayakan RSUD Ulin sebagai pusat pelayanan jantung terpadu. Termasuk kepada  RS Harapan Kita yang telah meminjamkan alat operasi jantung kepada RSUD Ulin.

“Kami juga berterima kasih Kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan operasi jantung terbuka perdana RSUD Ulin ini,” kata Izaak.

Sementara Dr Hananto selaku Direktur RS Harapan Kita mengatakan RSUD Ulin Banjarmasin merupakan satu dari 54 RS di Indonesia yang mendapatkan pengampuhan dari RS Harapan Kita Jakarta untuk menjadi RS pelayanan jantung terpadu. “Sebagai RS pelayanan jantung terpadu, RSUD Ulin wajib membina rumah sakit yang ada di kabupaten/kota di Kalsel dalam rangka pelayanan pasien penyakit jantung,” kata Hananto. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here