Tingkatkan Kualitas Karet, Pemprov Kalsel Distribusikan Asam Semut

0
140

Banjarbaru – Komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terhadap pekebun karet di Kalimantan Selatan ditunjukkan dengan di distribusikannya bantuan Pembeku lateks ( Asam Semut) melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) selama satu minggu ini.

Bantuan asam semut sebagai bahan pembeku lateks untuk meningkatkan kualitas dan harga produk karet. Total sebanyak 150.358 liter asam semut diserahkan kepada 169 Unit Pengolahan dan Pemasaran Bersama (UPPB) di 12 Kabupaten/kota. Adapun rincian distribusi yakni Kabupaten Tabalong dengan jumlah 18.280 liter, Balangan 33.360 liter, Kab. Hulu Sungai Tengah 14.320 liter, Hulu Sungai Selatan 8.662 liter, Hulu Sungai Utara 944 liter, Tapin 10.640 liter, Kab. Banjar 12.368 liter, Banjarbaru 2.400 liter, Tanah Laut 15.112 liter, Tanah Bumbu 28.560 liter, Kotabaru 4.032 liter serta Barito Kuala sebanyak 1.680 liter.
Distribusi dilakukan melalui Dinas yang membidangi fungsi perkebunan sebagai titik bagi untuk penyaluran bantuan. Sedangkan untuk alokasi pemberian bantuan pembeku lateks per UPPB berdasarkan luasan lahan yang dimiliki.

Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi mengatakan, bahwa distribusi bantuan pembeku lateks ini adalah sesuai arahan dari Gubernur Kalimantan Selatan untuk memperhatikan kebutuhan pekebun karet. “Pendistribusian bantuan pembeku lateks ini sebagai upaya meningkatkan kualitas karet yang dihasilkannya,” katanya, Kamis (23/12) di Banjarbaru.
Jika kualitas karet pekebun bagus, maka dengan sendirinya harga akan naik sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan perekonomian para pekebun karet. “Meningkatnya kualitas dan harga karet akan menambah kesejahteraan pekebun, pada akhirnya animo petani untuk mengembangkan usaha perkebunan karet akan semakin tinggi,” tutur Suparmi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here