Biro Perekonomian Kalsel Bergerak Door to Door Ajak Masyarakat Bervaksin

0
115

Banjarbaru – Biro Perekonomian Setda Kalimantan Selatan bergerak door to door mengajak masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi covid 19.

Ini merupakan implementasi nyata melaksanakan arahan Gubernur Kalsel Dr (HC) H Sahbirin Noor agar seluruh SKPD Pemprov Kalsel begerak untuk membantu percepatan peningkatan capaian vaksinasi yang kini sudah di atas 60 persen lebih.

Masing-masing SKPD diharapkan mengajak kerabat , keluarga atau masyarakat umum untuk divaksin. Kegiatan ini dimulai 18 hingga 31 Desember 2021.

Kegiatan terbaru yang difasilitasi Biro Perekonomian Setda Kalsel adalah kegiatan vaksinasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banjarmasin, Kamis (23/12).

Masing-masing SKPD diharapkan mengajak kerabat , keluarga atau masyarakat umum untuk divaksin. Kegiatan ini dimulai 18 hingga 31 Desember 2021.

Biro Perekonomian Setda Kalsel pada Rabu (22/12) kemarin juga memfasilitasi warga Kabupaten Banjar untuk mengikuti vaksinasi.

Kepala Biro Perekonomian Setda Kalsel Ina Yuliani SSos MSi, MIP, melalui Kepala Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Sri Rachma SSos MAP dan para pegawai terlihat aktif melakukan fasilitasi kepada masyarakat

Kegiatan diawali kunjungan langsung ke rumah tokoh-tokoh masyarakat dan Ketua RT serta berdiskusi langsung dengan calon warga yang belum bervaksin.

Mereka berbagi tugas antara lain memberikan edukasi bahwa vaksinasi itu bermanfaat untuk.membentuk kekebalan tubuh dari Covid, dan menyakinkan vaksin itu halal dan baik.

Kemudian melakukan pendataan, memberikan kemudahan bagi warga yang ingin ke lokasi vaksin.dengan cara menyediakan armada angkutan.

“Terima kasih kepada Gubernur Paman Birin atas bantuan fasilitasi pelayanan vaksinasi melalui para pegawai di jajaran Pemprov Kalsel,” tutur Syaifullah tokoh masyarakat Kelurahan Jawa, Martapura Kabupaten Banjar.

Dikatakan Syaifullah masyarakat sangat antusias mengikuti vaksinasi setelah diberikan penjelasan edukasi ringan dan mudah dipahami oleh para pegawai terkait pentingnya vaksinasi.

Hal senada diutarakan Ranmor Hidayat, tokoh masyarakat Martapura lainnya.

Menurut Pa Dayat panggilan akrabnya, keterlibatan ASN dengan cara turun langsung ke lapangan sangat membantu mengenalkan apa itu vaksinasi dan manfaatnya bagi peningkatan kekebalan tubuh dari penyakit.

Pasalnya, sebagian masyarakat belum . mengerti apa itu dan manfaat vaksinasi.Termasuk dampak positif bagi tubuh setelah dilakukan vaksin.

Saat dikonfirmasi Kepala Biro Perekonomian Setda Kalsel melalui Kabag Sumber Daya Alam Sri Rachma SSos, MAP menjelaskan, program vaksinasi melibatkan para ASN atau SKPD di lingkungan Pemprov Kalsel merupakan inisiasi dan arahan langsung dari Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin.

Rachma mengatakan, sesuai arahan pimpinan pihak diajak atau diimbau turut melakukan pendekatan dengan masyarakat dan edukasi pentingnya vaksinasi dan.penerapan protokol kesehatan.

” Alhamdulillah.mellalui bantuan para tokoh dan kerja sama semua staf dan dukungan pimpinan, masyarakat antusias mengikuti vaksinasi,” ucapnya.

Rachma menambahkan semua Bagian dan Sub Bagian dikoordinir para Kabag dan Kasubag juga aktif mensukseskan program vaksinasi massal gratis ini.

Hal senada diutarakan Kasubag Analisis Ekonomi Mikro Said Zulkifli Rivai. sesuai arahan pimpinan pihaknya telah melakukan dan memfasilitasi kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan vaksinasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan H M Muslim mengatakan, capaian vaksinasi sudah mencapai 60,86 persen.

“Alhamdulillah kita sudah mencapai di atas 60 persen, lebih ” ucapnya.

Menurutnya, keterlibatan ASN atau SKPD untuk mengajak 10 orang warga setiap harinya merupakan salah satu strategi Pemprov Kalsel dalam percepatan vaksinasi.

Muslim memaparkan, sejumlah strategi Pemprov Kalsel dalam meningkatkan percepatan vaksinasi diantaranya tenaga penugasan khusus untuk melaksanakan vaksinasi, membuka sentra vaksinasi hingga vaksinasi mobile ke daerah terpencil.

Dirinya juga mangapresiasi capaian vaksinasi Pemda yang sudah melampaui target 70 persen seperti Banjarbaru, Balangan, Banjarmasin dan Tanah Bumbu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here