Gubernur Kalsel Instruksikan Bantuan Kesiapsiagaan Bencana di Tiap Daerah

0
128

Banjar – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas sosial menyalurkan bantuan logistik kesiapsiagaan bencana di tiga kecamatan di Kabupaten Banjar, yaitu Martapura Barat, Martapura Timur, dan Sungai Tabuk.

Kepala Dinas Sosial Kalsel, Siti Nuriyani mengatakan bantuan tersebut berdasarkan arahan Gubernur, yang menginginkan setiap kabupaten/kota memiliki bantuan kesiapsia.

“Arahan Pak Gubernur Paman Birin (Sahbirin), beliau ingin apabila terjadi bencana, di kecamatan sudah siap segala bentuk bantuan sehingga masyarakat tidak menunggu lama,” kata Nuriyani, Banjarmasin, Jumat (24/12/2021).

Bantuan tanggap darurat bencana banjir tersebut dikatakan Nuriyani berisi beras, mie instan, dan juga air mineral.

“Curah hujan yang tinggi mengakibatkan beberapa wilayah terendam banjir, dan sebagai komitmen, provinsi akan terus membantu masyarakat yang terdampak,” ucap Nuriyani.

Dirinya pun berharap agar bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat jika terjadi bencana, karena menurut prediksi BMKG curah hujan cukup tinggi berlangsung hingga bulan Maret 2022.

Sementara itu, Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Dinas Sosial Kalsel, Achmadi, mengatakan nantinya Kabupaten Banjar juga diusulkan untuk memiliki lumbung sosial, sebagai tempat persediaan bantuan.

Hingga saat ini, tiga kabupaten telah mempunyai lumbung sosial, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Tapin, dan Kotabaru. 

“Akan kita bantu untuk usulan ke Kemensos agar Kabupaten Banjar dan Kabupatan lainnya bisa diberikan bantuan lumbung sosial,” ucap Achmadi. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here