Banjarbaru – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Seminar Sungai Martapura Bungas di Novotel Banjarmasin AirPort Banjarbaru, pada Kamis (23/12). Seminar yang dibuka langsung oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor tersebut, menghadirkan nara sumber utama, yaitu mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo yang merupakan salah seorang penggagas Program Citarum Harum.

Seperti diketahui, melalui program Citarum Harum, sungai yang mengaliri 10 Kabupaten dan 3 kota besar serta memiliki DAS sepanjang 12.000 kilometer persegi di pulau Jawa tersebut, telah mengalami perubahan yang sangat baik.

Keberhasilan itulah yang ingin ditularkan Pemprov Kalsel dalam merestorasi dan merediscovery Sungai Martapura sebagai peradaban Kalsel.

“Keberhasilan itu lah yang ingin kita tiru dalam mengembalikan fungsi Sungai Martapura sebagaimana mestinya,” tutur Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, di sela-sela seminar Sungai Martapura Bungas.

Sasaran jangka panjangnya dari program Sungai Martapura Bungas ini, lanjut hanifah, adalah mengembalikan dan mempertahankan daya dukung ekosistem yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Martapura, agar dapat terus mendukung sendi kehidupan yang ada di Kalsel. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here