Pekerja Migran Sei Rutas Tapin Yang Lumpuh di Arab Saudi Dipulangkan

0
805

Jeddah – Unit PelaksanaTeknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Banjarbaru Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah memfasilitasi pemulangan seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang menderita sakit di Arab Saudi ke daerah asal Desa Sei Rutas Hulu Kecamatan Candi Laras Selatan Kabupaten Tapin.

Berdasarkan informasi dari KJRI Jeddah, Tim Pelayanan dan Pelindungan (Yanlin) KJRI Jeddah menerima pengaduan adanya WNI/PMI a.n. Norainah Binti Yahya berusia 58 tahun yang ditemukan lumpuh di jalan kemudian dibawa dan dirawat di Rumah Sakit King Abdul Azis Makkah. Menurut petugas medis yang menemukan, kondisi lumpuh disebabkan oleh patah tulang.

Setelah menjalani perawatan sejak Januari 2021, kondisi PMI dimaksud cukup membaik walaupun masih tidak dapat bergerak dan tidak mampu berkomunikasi namun telah memungkinkan untuk discharge dari rumah sakit. KJRI Jeddah kemudian menjadwalkan fasilitasi pemulangan PMI dimaksud ke Indonesia pada tanggal 10 Desember 2021 tetapi mengalami penundaan akibat hambatan pada proses validasi rekam biometrik/sidik jari pada saat menjalani prosedur keimigrasian di Arab Saudi.

Fasilitasi pemulangan dari Arab Saudi ke Indonesia akhirnya dapat dilaksanakan dengan pendampingan petugas KJRI Jeddah pada Kamis, 16 Desember 2021 dan selanjutnya PMI dimaksud menjalani perawatan di Rumah Sakit Polri Jakarta. PMI dimaksud juga telah menjalani RT-PCR dengan hasil negatif.

Fasilitasi pemulangan PMI dimaksud dari Jakarta ke Banjarmasin dan selanjutnya ke daerah asal dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 25 Desember 2021 dengan pendampingan petugas medis dan prosedur medis yang diperlukan.

Selama proses pemulangan dari Jakarta ke Banjarmasin, UPT BP2MI Banjarbaru senantiasa berkoordinasi dengan kantor pusat BP2MI, UPT BP2MI Jakarta dan UPT BP2MI Serang untuk memastikan pelayanan dan penanganan terbaik kepada PMI dimaksud. Adapun untuk pemulangan ke daerah asal, UPT BP2MI Banjarbaru bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Tenaga Kerja, Pemerintah Kecamatan Candi Laras Selatan, Pemerintah Desa Sei Rutas Hulu dan Angkasa Pura.

UPT BP2MI Banjarbaru menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas bantuan semua pihak yang terlibat dalam fasilitasi pemulangan PMI sakit dimaksud. Sinergi ini merupakan wujud kehadiran negara dalam melayani dan melindungi setiap PMI.

Detail kronologi proses fasilitasi pemulangan PMI sakit dimaksud dari Arab Saudi sampai ke daerah asal terlampir.

LAMPIRAN
DETAIL KRONOLOGI
FASILITASI PEMULANGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) SAKIT
ASAL KABUPATEN TAPIN DARI ARAB SAUDI

  1. Padatanggal 7 Maret 2021, UPT BP2MI Banjarbarumenerimainformasi via whatsappdari KJRI Jeddah perihal PMI SakitasalProvinsi Kalimantan Selatan an. NorainahBintiYahya, TTL : Amuntai, 3 Mei 1963, Nomor SPLP : XD686143 (2013). Kasustersebutlangsungdiinput di Aplikasi Crisis Center BP2MI.
  2. Detail informasi yang diterima antara lain bahwa PMI NorainahBintiYahya(NY) dirawat di lantai 1 kamarnomor 419, bagianFemale OrtopedicRumah Sakit King Abdul Azis Mekkkah. Kondisi NY cukupbaik dansudahmemungkinkandischargedari RS namuntidakdapatbergerakdantidakmampuberkomunikasi.
  3. UPT BP2MI Banjarbaru melakukan koordinasiintensifdengan DinasTenagaKerjaKab.Tapinperihalkasustersebut. DisnakerKab.Tapintelahmelakukanpenelusuranlapanganuntuk menemuipihakkeluarga, dandiketahui keluargaberalamat di DesaSeiRutasHuluKecamatanCandiLarasSelatanKabupatenTapinProvinsi Kalimantan Selatan. Alamat pihak keluarga dapat ditelusuri dan diketahui berdasarkan dokumen SIM C milik salah seorang keluarga yang ditemukan dalam tas milik NY.
  4. Padatanggal 10 Desember 2021, UPT BP2MI Banjarbarumenerimaberitadari KJRI Jeddah perihalrencanakepulangan NY dariArab Saudimenuju Indonesia, namunrencanakepulangantersebutgagalkarenamengalamihambatanpada proses sidikjari di bandara.
  5. Padatanggal 16 Desember 2021, UPT BP2MI Banjarbarukembalimenerimaberitadari KJRI Jeddah perihalkepulangan NY dariArab Saudimenuju Indonesia menggunakanpenerbanganSaudiaAirlines SV818 pukul 04.00 WS dan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pukul 17.20 WIB. Hal tersebutkemudian kami koordinasikandengan UPT BP2MI Seranguntukbantuanpenangananlebihlanjut.
  6. Padatanggal 17 Desember 2021, kami menerimainformasidari UPT BP2MI Jakarta, bahwa NY telahdirujukke RS Polri Jakarta.
  7. Selanjutnya fasilitasi pemulangan dari Jakarta ke Banjarmasin dilakukan pada hariSabtu, 25 Desember 2021 dengan penerbangan Lion Air JT528 pukul 05.10 WIB dan tiba di Banjarmasin pada pukul 08.00 WITA. Fasilitasi pemulangan dari Jakarta ke Banjarmasin dilakukan oleh BP2MI Pusatdankemudian dilanjutkanfasilitasikekeluarga di daerahasaloleh UPT BP2MI BanjarbarubersamaPemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Tenaga Kerja, Pemerintah Kecamatan Candi Laras Selatan, Pemerintah Desa Sei Rutas Hulu dan Angkasa Pura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here