BANJARMASIN – Pemko Banjarmasin kini mempersiapkan destinasi wisata Sungai Biuku, di kawasan Jalan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara, untuk menerima sertifikasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Bersama Dinas Pariwisata Kota Banjarmasin, Walikota Banjarmasin, H Ibnu sina didampingi Sekda Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman, mendeklarasikan Mandiri Wisata Selanjung Sungai Biuku Menuju Sertifikasi (CHSE), Sabtu (25/12).
H Ibnu Sina menyatakan, dengan adanya deklarasi tersebut, penataan kawasan wisata Sungai Biuku akan lebih baik dan maksimal, sehingga para wisatawan yang dating dapat merasakan kenyamanan. “Jadi cleanlinesnya betul-betul bersih, healtnya atau kesehatan dijaga, kemudian safetynya dan environmentnya ini bisa betul-betul dimaksimalkan, sehingga ketika wisatawan datang, ada sesuatu yang mereka dapatkan,” ucapnya.
Keinginan Pemko Banjarmasin agar tempat wisata Sungai Biuku mendapatkan memang tidak berlebihan.
Selain lokasinya tak jauh dari pusat kota, sejak dinyatakan sebagai salah satu oyek wisata oleh Pemko Banjarmasin pada tahun 2018 lalu, pengelolaan kawasan wisata Sungai Biuku telah dilakukan secara professional oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kecamatan Banjarmasin Utara.
H Ibnu Sina pun berharap, ke depannya, sertifikat CHSE bisa didapatkan dalam waktu yang tak lama lagi.
Untuk diketahui, Sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE) adalah pemberian sertifikat kepada usaha pariwisata, destinasi pariwisata, dan produk pariwisata lainnya.
Tujuannya, untuk memberikan kepastian kepada para wisatawan yang datang bahwa kawasan tersebut telah terjamin pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungannya.
Sebelum mendeklarasikan kawasan wisata tersebut, pemimpin Bumi Kayuh Baimbai ini, bersama Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, para kepala SKPDlingkup Pemko Banjarmasin, serta para goweser Kota Banjarmasin, terlebih dahulu berkeliling kota dengan menggunakan sepeda.
Beberapa destinasi wisata di kota berjuluk seribu sungai ini pun sempat mereka singgahi atau hanya sekedar mereka lintasi.
Kegiatan gowes ini merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan H Ibnu Sina bersama para goweser dihari libur kerja.(dokpim-bjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here