BANJARMASIN – Keinginan masyarakat Kalsel, khususnya yang tergabung dalam organisasi Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan 45 Kota Banjarmasin, agar Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau Datu Kelampayan mendapat gelar pahlawan nasional, mendapat apresiasi dari pemimpin kota berjuluk seribu sungai.
Melalui Dewan Harian Cabang (DHC) 45 Kota Banjarmasin, mereka secara resmi menemui Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor, Senin (27/12).
Bahasan utama dalam pertemuan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Baiman 2, di Balai Kota Banjarmasin itu, meminta restu kepada kedua pemimpin Bumi Kayuh Baimbai, agar niat HDC 45 Kota Banjarmasin yang akan mengusulkan nama Muhammad Arsyad Al Banjari, agar bisa mendapatkan penghargaan gelar sebagai pahlawan, bisa terwujud.
Alasan para pengurus HDC 45, Muhammad Arsyad Al Banjari merupakan seorang tokoh agama karismatik, yang juga penulis kitab sabilal muhtadin.
Selain itu, Muhammad Arsyad Al Banjari adalah seorang ulama besar yang menurunkan banyak ulama yang tersebar di Indonesia, serta mempelopori pembentukan pengadilan agama di Kesultanan Banjar, dan pernah berjasa membetulkan arah kiblat dibeberapa masjid di Indonesia.(dokpim-bjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here