Rabu, Maret 27, 2024
BerandaKomunitas KreatifBukit Langara, Wisata Treking Menikmati Keindahan Alam Loksado

Bukit Langara, Wisata Treking Menikmati Keindahan Alam Loksado

Salah satu tempat wisata alam keren berada di Kalimantan Selatan di kawasan yang bernama Loksado. Tempat wisata alam yang satu ini cukup ekstrim namun juga menawarkan pemandangan bagai surga di bumi.

Tempatnya yang berbukit terjal dengan begitu banyak tantangan membuat Bukit Langara yang berada di Kawasan Loksado ini jadi sasaran para pencinta alam. Bukit Langara ini berlokasi di Lumpangi, Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan.

Jika biasanya yang terkenal di Loksado adalah bamboo rafting dan pemandian air panas Tahuni, kini saatnya kalian mengetahui tempat wisata kece lainnya di Kalimantan Selatan. Bukit Langara ini terletak sekitar 10 kilometer dari Kota Kandangan. Kontur permukaan bukit yang satu ini tajam dan agak terjal karena memang Bukit Langara ini adalah bukit karst.

Tempatnya yang cukup berbahaya namun memiliki pemandangan yang indah luar biasa membuat Bukit Langara ini menjadi tempat yang disukai para pencinta alam yang suka tantangan. Hal yang paling banyak dilakukan wisatawan disini adalah trekking.

Untuk bisa merasakan dan melihat langsung pemandangan spektakuler dari Bukit Langara ini, wisatawan perlu naik ke atas Bukit Langara. Waktu trekking yang dibutuhkan untuk sampai ke puncak bukit batu kars ini kurang lebih 30-60 menit. Pengunjung akan melewati perkebunan jati milik warga setempat.

Jalan setapak berwarna merah di perkebunan ini cukup curam dan licin sehingga perlu berhati-hati. Trek selanjutnya adalah bebatuan karts yang tajam dan terjal. Pada beberapa titik pengunjung harus berjalan melipir pelan karena sebalah kanan dan kiri adalah jurang yang terjal. Pengunjung Bukit Langara juga disarankan memakai alas kaki gunung yang kuat dan tidak licin.

Setelah melalui beberapa trek yang cukup memacu adrenalin, pengunjung akan disambut dengan megahnya pemandangan Bukit Ketawang dengan pepohonannya yang rimbun. Lalu terdapat sungai yang membelah bukit seperti di film-film fantasi. Sungai tersebut bernama Sungai Amandit. Dari kejauhan pun terlihat Pegunungan Meratus yang elok.

Pemandangan alam dari atas Bukit Langara ini merupakan spot sempurna untuk berburu sunset dan sunrise. Buat kalian yang ingin menjelajah indahnya pemandangan alam dari Bukit Langara, rupanya tidak dipungut biaya masuk. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir untuk kendaraan.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments