10 Kabupaten/Kota di Kalsel Lakukan Percepatan Vaksinasi Anak

0
285

Banjarmasin – Kalsel menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi anak 6 sampai 11 tahun.

Rakor tersebut  dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Ir. Roy Rizali Anwar, ST, MT di Aula Rapat Kantor Gubernur Lama Banjarmasin. Rabu (5/1) siang. Rakor yang dilangsungkan secara virtual ini juga diikuti para Bupati dan Walikota se Kalimantan Selatan, Dandim, Kapolres, Kakanwil Kemenag, Kadinkes, Kadisdik, hingga Tim Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten/ kota dari seluruh instansi terkait.

Sesuai dengan Instruksi Presiden, Kalsel segera melakukan percepatan vaksinasi pada anak 6 sampai 11 tahun. 

Selain itu, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) juga telah mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.

Pelaksanaan vaksinasi pada anak bisa dilakukan jika hasil capaian vaksinasi sesuai dengan kriteria yang telah mencapai cakupan 70% untuk vaksinasi dosis pertama dan cakupan vaksinasi pada kelompok lanjut usia mencapai 60%.

Berdasar syarat diatas Ada 10 kabupaten/ kota di Provinsi Kalimantan Selatan yang dapat melaksanakan vaksinasi anak. Daerah itu adalah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kab. Balangan, Kab. Tanah Bumbu, Kab. HST, Kab. Tapin, Kab. Tanah Laut, Kab. Kotabaru, Kab. Banjar, Kab. Barito Kuala dan Kota Banjarbaru.

Sedang tiga kabupaten kota lainnya yaitu Tabalong, HSU dan Banjarmasin capaian vaksinasi masih di bawah level 60 persen. Untuk itu perlu dilakukan percepatan vaksinasi Lansia terlebih dahulu sebelum vaksinasi anak.

Sementara Sekda Kab. HSS H. Muhammad Noor mengatakan dari Pemkab HSS, akan mempersiapkan pelaksanaan di Kab. HSS, strateginya akan memaksimalkan peran dari Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama.

“Kita sudah punya data masing-masing desa dan punya data anak-anak yang jadi sasaran untuk dilakukan vaksinasi. Alhamdulillah komitmen Bupati sudah kuat dan beliau sudah perintahkan kita untuk pelaksanaan vaksinasi yang kedua, dan juga untuk anak-anak usia 6-11 tahun,” ucapnya.

Sekda Kab. HSS memohon doa kepada seluruh masyarakat, semoga masyarakat dan orang tua anak-anak murid mendukung Pemkab HSS agar masyarakat kita semua bisa melaksanakan vaksinasi. Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here