Kaltim – Kecamatan Batu Sopang Kabupaten Paser Kalimatan Timur memiliki wisata alam yang tidak kalah dengan daerah lain. Salah satunya adalah Bukit Sembinai. Sensasi taman batu Bukit Sembinai ini bisa ditempuh lewat jalur darat dari Tana Paser.

Meski jaraknya cukup jauh dari ibu kota Kabupaten Paser dengan jalan berkelok, namun sepanjang jalan terbayar dengan indahnya hamparan pemandangan kebun sawit dan lereng yang masih “perawan”. Pemandangan ini pun menjadi perjalanan familiar menuju Batu Kajang yang merupakan ibu kota Kecamatan Batu Sopang.

Bukit Sembinai merupakan salah satu objek wisata yang berada di Desa Kasungai, Kecamatan Batu Sopang. Diperlukan kehati-hatian ekstra untuk menuju Bukit Sembinai. Karena selain hanya melalui jalan setapak sejauh kurang lebih 1,5 kilometer, juga harus menelusuri tebing di pinggiran Sungai Kasungai yang terkenal terjal.

Seperti pepatah yang mengatakan, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Anda harus melalui trek panjang dan susah untuk bisa menikmati keindahan tempat ini. Anda harus menempuh perjalanan yang tidak mudah. Anda harus melewati jalan berkelok dengan tanjakan dan turunan, tracking yang menghabiskan tenaga dan baru Anda bisa menikmati keindahan tempat ini.

Perjalanan untuk menuju ke Taman Batu Bukit Sembinai ini bisa dibilang cukup menantang. Ini karena tempat ini terletak di tempat yang tersembunyi dan masih belum banyak orang mengetahui tentang keindahannya. Setelah melewati jalanan yang berkelok-kelok, Anda juga harus melalui tanjakan dan turunan yang cukup curam.

Anda membutuhkan waktu kurang lebih satu jam perjalanan untuk mencapai ke puncak bukit. Jangan lupa untuk menyiapkan perbekalan seperti air minum yang cukup, camilan, dan mungkin obat obatan jika dibutuhkan.

Ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan selama tracking disini. Anda harus membawa air minum yang cukup karena selama perjalanan tracking jangan berharap untuk menemukan air. Yang kedua yaitu Anda harus membawa webbing, karena sesampainya di puncak akan ada tebing yang berelevasi 90 derajat. Akan susah jika naik tanpa bantuan webbing, kecuali Anda memang sudah mahir.

Yang tidak kalah penting yaitu, Anda perlu membawa pemandu perjalanan atau setidaknya orang yang sudah pernah ke tempat ini. Karena mungkin Anda akan kesasar jika pergi ke tempat ini tanpa membawa orang yang sudah tau medannya. Perlu diingat juga, kalau kuota untuk naik ke atas hanya muat 10 orang saja.

Dalam perjalanan menuju puncak Bukit Sembinai, tersaji keindahan alam berupa lebatnya pepohonan hutan dan air sungai yang jernih. Cukup memanjakan mata sepanjang perjalanan. Sebelum sampai di Bukit Sembinai, ternyata ada gua yang cukup besar yang kita lalui. Gua yang diberi nama Haji Saini oleh masyarakat setempat tersebut menyimpan cerita tersendiri.

Konon di zaman penjajahan, warga banyak menyimpan harta mereka seperti emas dan uang di gua itu. Hal ini dilakukan agar terhindar dari aksi penjarahan dari penjajah. Kondisi ruangan di dalam gua luas, bahkan tinggi langit-langitnya mencapai 10 hingga 11 meter.

Sebagian ruangan cukup mendapat cahaya dari mulut gua, sedangkan sebagian lagi terlihat gelap karena bentuk ruangan berbelok atau melengkung, sehingga cahaya tidak bisa masuk secara penuh dari mulut gua. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 20 menit dari Gua Haji Saini, terlihat hamparan hijau hutan Kecamatan Batu Sopang. Selain itu, kita juga dapat melihat Batu Kajang dari puncak Bukit Sembinai.

Anda juga dapat camping di tempat ini beramai-ramai dengan sahabat Anda. Tenang saja, spot camping disini sangat recomended karena terdapat hamparan pasir yang cukup luas, dan memang biasa digunakan untuk camping.

Anda bisa membangun tenda di lokasi ini. Namun, sayangnya kuota orang yang bisa camping disini hanya sekitar 10 orang saja. Anda bisa camping disini untuk menghirup udara segar dan berfoto sambil menikmati pemandangan indahnya yang sayang untuk dilewatkan. Tempat camping ini juga merupakan spot yang bagus untuk melihat sunset.

Jika Anda naik ke puncak Bukit Sembinai ketika sudah petang, dan berencana untuk camping. Tidak perlu khawatir, karena selain menikmati sunset di tempat ini juga masih terdapat spot bagus lainnya. Tempat ini memang menawarkan banyak spot selain bukit bebatuan dan hamparan sungai yang kece abis.

Saat pagi hari disini, Anda bisa menyusuri gua. Di Bukit Sembinai memang diketahui mempunyai beberapa gua, namun yang paling menjadi andalan yaitu hanya gua pintu 1 dan 2. Ini karena gua tersebut besar dan mempunyai akses masuk. Kalau gua yang lain hanyalah gua kecil yang hanya dihuni oleh kelelawar. Sehingga tidak heran jika Anda mencium bau kotoran kelelawar.

Sumber : borneo24, celebes, FB Bolang Petualang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here