Antisipasi Omicron, RSUD Ulin dan Ansari Saleh Siapkan Ratusan Tempat Tidur serta Ruang Isolasi

0
470

Banjarmasin – Menghadapi merebaknya kasus Omicron di Indonesia, pihak RSUD Ulin  dan RSUD Ansari Saleh mengambil langkah antisipasi sesuai arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. Plt Direktur RSUD Ulin Banjarmasin sekaligus Direktur RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh Dr.dr.Izaak Zoelkarnain Akbar, Sp. OT-FICS (K)-Hand mengatakan dalam rangka menghadapi Virus Covid-19 terbaru yaitu Varian Omnicron, pihaknya sudah melakukan penambahan kapasitas dan fasilitas layanan.  “Untuk kesiapan tempat tidur di RSUD Ulin Banjarmasin sebanyak maksimal 500 tempat tidur dan RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh sebanyak 230 tempat tidur, jadi untuk RSUD Ulin Banjarmasin dan RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh Sudah siap untuk ketersediaan tempat tidur,” kata Izaak, saat ditemui jejakbanua.com Kamis (6/1) di Banjarmasin. 

Untuk Ruang isolasi sudah dibangun dan juga sudah siap. “kondisi sekarang ruang isolasi standby namun tidak difungsikan (lockdown) jadi suatu waktu ada pasien Covid-19 termasuk Varian Omnicron yang masuk bisa secepatnya di tangani karena RSUD Ulin Banjarmasin dan RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh sudah mengantisipasi dan siap,” kata Izaak. 

Dalam hal tenaga medis yaitu Perawat untuk sementara Sekarang ditugaskan kembali pada posisi semula diruangan biasa. “Namun suatu waktu apabila ada pasien Covid-19 Varian baru Omicron masuk maupun ada lonjakan pasien Covid-19 terjadi lagi, maka tenaga medis kita tugaskan untuk kembali bertugas pada ruangan Isolasi Covid-19,” terang Izaak.

Jadi kesiapan pertama RSUD Ulin Banjarmasin dan RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh yaitu Kesiapan Ruang Isolasi, yang kedua Kesiapan Obat-obatan pada prinsipnya untuk pengobatan kasus varian Omnicron yaitu kurang lebih sama dengan kasus covid di era pandemi tahun 2020 dan 2021. “Jadi obat-obatan sudah disiapkan dan Koordinasi dengan dinas kesehatan provinsi Kalimantan Selatan. 

“Ada dua dana untuk pelaksanaan obat-obatan yaitu dari BLUD Rumah Sakit dan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan baik melalui Dinas Kesehatan Provinsi anggaran BPPD. Untuk SDM apabila lonjakan pasien covid -19 banyak sekali RSUD Ulin Banjarmasin dan RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh sudah mengantisipasi  dan koordinasi dengan Pihak Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

“Mungkin  nanti akan ada relawan Covid-19, namun saat ini untuk petugas baik di RSUD Ulin Banjarmasin maupun RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh sudah cukup dan sudah dapat memenuhi. Untuk kesiapan Oksigen di RSUD Ulin Banjarmasin sudah disiapkan, dulu hanya satu pemasok untuk RSUD Ulin Banjarmasin sekarang sudah ada dua Supplier. 

(Humas dan Informasi RSUD Ulin Banjarmasin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here