Banjir Kabupaten Banjar, Pemprov Kalsel Siapkan Lumbung Sosial

0
203

Martapura – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Sosial mengantisipasi banjir di kawasan hilir Kabupaten Banjar dengan mendirikan lumbung sosial.

“Pemprov Kalsel sudah melakukan langkah progresif dalam mengisi 3 lokasi lumbung sosial beberapa waktu lalu yaitu di Martapura Barat, Martapura Timur dan juga di Sungai Tabuk yang siap di salurkan para Camat,” tambah Achmadi, Kasi Perindungan Sosial Korban Bencana Alam Dinsos Kalsel, Rabu (11/1) tadi.

Lumbung sosial tersebut diperlukan apabila banjir susulan di kawasan hulu menuju ke kawasan hilir yang ada di wilayah Sungai Tabuk dan sekitarnya. “Hulunya ada di Paramasan dan Sungai Pinang, kemudian wilayah Pengaron dan Simpang Empat, nanti baru ke Martapura dan Astambul hingga ke kawasan hilir di Sungai Tabuk dan sekitarnya,” kata Achmadi.

Achmadi mengatakan saat ini pihaknya telah mendirikan dapur umum bekerjasama dengan Dinsos Kabupaten Banjar menyiapkan 1.500 paket makanan siap saji setiap kali makan, sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dasar penyintas banjir di Kabupaten Banjar.

“Gubernur Kalsel memerintahkan Tagana Kalsel turun tangan mengambil langkah penanganan secara progresif. Di Kecamatan Simpang Empat didirikan dapur umum dan posko bantuan nantinya kita salurkan dibeberapa titik yang parah termasuk Kecamatan Pengaron dan Sei Pinang,” kata Achmadi.

Selain makanan, pihaknya juga menyiapkan tempat tidur, matras, family kid, kid ware, food ware untuk para masyarakat yang terdampak dimana nantinya akan berkoordinasi dengan Camat Simpang Empat.

“Untuk obat-obatan kewenangan ada di Dinas Kesehatan. Kami menyiapkan kebutuhan dasar termasuk air bersih dengan menggunakan water treatment. Kita juga menyiapkan 3 mobil RTU, 2 perahu karet bermesin, alat vertical rescue dengan personil 15 orang,” tandasnya. Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here