Vaksinasi Anak Kalsel Sasar 446.866 Jiwa

0
181

Banjarmasin – Hampir semua Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan (Kalsel) telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 pada anak usia 6-11 tahun setelah cakupan vaksinasi pertama untuk masyarakat umum mencapai 70 persen dan warga lansia mencapai 60 persen. 

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel Muhammad Muslim mengatakan, beberapa hari ini pelaksanaan vaksinasi anak gencar dilakukan pihak Kabupaten/Kota. Mengingat pelaksanaan PTM telah dilakukan di seluruh Kalsel.

“Jadi hampir semua daerah di Kalsel telah melaksanakan vaksinasi anak. Kegiatan vaksinasi anak pun turut dibantu dari pihak kepolisian, TNI dan unsur lainnya,” kata Muslim, Jumat (14/1/2022).

Menurutnya, untuk percepatan vaksinasi anak, pemerintah daerah membutuhkan tambahan 440.000 vaksin Sinovac. 

Oleh karena itu, berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalsel, jumlah anak usia 6-11 tahun di Kalsel sebanyak 446.866 jiwa yang terdiri dari anak laki-laki sebanyak 230.795 jiwa dan anak perempuan sebanyak 216.071 jiwa.

Selain itu, kata Muslim yang telah memulai pelaksanaan vaksinasi anak 6-11 tahun yaitu Kabupaten Tapin, Banjar, Balangan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Tanah Bumbu, Kotabaru dan Banjarbaru.

”Kalau melihat upaya percepatan vaksinasi yang dilakukan selama ini, kami pikir tidak terlalu berat untuk melakukan vaksinasi anak. Apalagi, anak-anak bisa dikondisikan di satu tempat, yakni di sekolah-sekolah,” tuturnya.

Oleh sebab itu, diperkirakan vaksinasi anak 6-11 tahun di Kalsel bisa selesai dalam waktu sekitar 50 hari jika stok vaksinnya tersedia. 

”Tidak menutup kemungkinan bisa lebih cepat kalau melihat upaya percepatan vaksinasi di penghujung tahun 2021. Sekarang, tinggal ketersediaan vaksin Sinovac yang harus diupayakan serta keikutsertaan semua pihak dalam mensukseskan vaksinasi anak ini,” pungkasnya. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here