Latsar CPNS Kalsel 2022 Bakal Diikuti Ribuan Peserta

0
1243

Banjarbaru – BPSDMD Kalsel dalam waktu dekat bakal menggelar Latsar (latihan dasar) CPNS (calon pegawai negeri sipil) Kalsel Tahun 2022. Diinfokan kegiatan Latsar CPNS Kalsel ini bakal diikuti oleh ribuan peserta dari masing-masing daerah di Kalsel.

“Diperkirakan Latsar CPNS Kalsel ini akan dikuti sekitar 2400 peserta, berlangsung selama 10 bulan  mulai Februari hingga Nopember 2022 serta akan dibagi dalam 54 angkatan,” kata KAbid PKMF (Pengembangan, kompetensi, manajerial dan fungsional)  BPSDMD Kalsel H Ahmad Bagyawan, Senin (17/1) siang di Banjarbaru.

Direncanakan masing-masing angkatan akan berlangsung sebanyak 40 peserta. “Peserta berasal dari pemerintah kabupaten/kota se Kalsel, nanti pihak BKD masing-masing yang akan mengirimkan peserta kepada kita sebagai penyelenggara,” kata H Gia sapaan akrabnya.

Termasuk CPNS dari Pemprov Kalsel yang jumlahnya 300 orang bakal mengikuti Latsar ini. “Ada 300 orang CPNS Pemprov Kalsel yang sudah terima SK CPNS yang belum sempat ikut Latsar, tahun ini mereka akan ikut,” katanya.

Adapun para peserta berasal dari seleksi penerimaan CPNS tahun 2021 kemaren. Mereka yang telah menerima SK CPNS diwajibkan mengikuti kegiatan  Latsar ini.

“Berkait dengan biaya Latsar tentu berdasar aturan pemerintah pusat, sekitar Rp 5 juta biayanya per CPNS, nanti biaya mengikuti Latsar akan masuk ke kas negara,” jelas H Gia.

Pihaknya berharap dapat sukses menggelar kegiatan Latsar CPNS Kalsel 2022 ini. “Kita mengemban tugas dalam mengembangkan SDM khususnya di kalangan ASN, hal ini sesuai dengan visi misi gubernur Kalsel yang memfokuskan pembangunan di bidang SDM,” ujarnya.

Kegiatan Latsar CPNS sebelumnya dinamakan Prajabatan. “Jadi seorang CPNS belum bisa jadi PNS bila belum ikut Latsar ini, hal ini sesuai dengan aturan perundangan,” kata H Gia. Ary

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini