Banjarmasin – Gubernur Kalimantan Selatan Dr Sahbirin Noor atau Paman Birin menyampaikan paparan capaian vaksinasi di daerahnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), via Zoom Meeting, di Halaman Kantor Polsek Banjar Barat . Jumat (18/2/2022).

Paman Birin menyebutkan, vaksinasi tahap pertama sampai saat ini di Kalsel sudah mencapai 85 persen, vaksinasi kedua sekitar 50 persen dan lansia tervaksin 65 persen.

“Beberapa kendala masih ada di lapangan namun kita berupaya mengatasinya,” ujar Paman Birin, sapaan Sahbirin Noor.

Dalam acara Rapat Kordinasi dalam rangka akselerasi percepatan vaksinasi serentak seluruh Indonesia dipimpin Presiden Jokowi, Paman Birin menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang selama ini terus mendorong dan memberikan dukungan terhadap percepatan pemulihan covid-19 dan percepatan vaksinasi.

“Vaksin masih ready, kemarin kita dikirimi lagi dan siap kita aplikasikan lagi di lapangan,” ujar.

Selain Gubernur, Zoom Meeting yang berlangsung di halaman Kantor Polsek Banjarmasin Barat itu juga dihadiri Kapolda Kalsel Irjenpol Rikwanto, Komandan Korem 101 Antasari Kolonel Inf Rudi Puruwito, Kepala BIN Daerah Kalsel Brigjen Pol Heri Armanto.

Turut Berhadir Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Muhammad Muslim, serta jajaran Polda Kalsel.

Presiden Joko Widodo
mengucapkan apresiasi kepada jajaran TNI-Polri, BIN yang ada di daerah, termasuk Kalsel, baik Gubernur, Bupati dan Walikota yang telah bekerja sama dalam rangka percepatan vaksinasi dan mengajak masyarakat untuk selalu mentaati protokol kesehatan.

Kendati demikian, RI 1 meminta Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Forkopimda setempat, agar terus berusaha meningkatkan capaian vaksinasi tahap dua dan vaksin penguat atau booster.

Khusus vaksinasi tahap pertama, Presiden nampaknya cukup puas dengan capaian yang diperoleh Kalsel.

Hal itu disampaikan Presiden setelah mendengar laporan capaian vaksinasi tahap pertama dan kedua serta booster dari Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor.

“Jadi saya titip (pesan,red), dosis keduanya saja yang didorong. Kemudian untuk dosis ketiga atau booster yang masih tiga persen agar dikonsentarsikan di tempat tempat yang interaksinya tinggi,” pesan Jokowi.

Di awal rapat, Presiden Jokowi dalam arahannya menyampaikan, bahwa kegiatan vaksinasi secara serentak harus dilaksanakan menginggat saat ini kasus Covid 19 sedang meningkat.

Ini sangat penting dan harus ada percepatan vaksinasi terutama pada lansia dan anak-anak.

Presiden juga mengimbau kepada masyarakat akan pentingnya disiplin protokol kesehatan.

Sementara itu Kapolsek Banjarmasin Barat Kompol Faizal Rahman mengatakan, pihaknya menyiapkan 500 dosis. Untuk Target 100 lansia dan 200 anak, 150 umum dan sudah melebihi target divaksin.

Vaksinasi berlangsung sejak pagi dan masyarakat nampak antusias mengikutinya.

Selain mendapatkan vaksin, peserta mulai anak-anak hingga lansia itu, mendapat hadiah berupa dua unit sepeda, kalung emas, dan televisi berwarna, yang diundi setelah zoom meeting dan peninjauan kegiatan.

Pengundian hadiah televisi dan satu sepeda untuk anak-anak, dilakukan Gubernur Kalsel.

Selanjutnya hadiah kalung emas yang diberikan untuk peserta vaksin lansia diundi oleh Kapolda, dan terakhir hadiah sepeda lainnya, diundi Komandan Korem 101 Antasari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here