Gunung Pamaton, Gerbang Kerajaan Gaib Banjar

0
374

Gunung Pematon merupakan gerbang menuju alam gaib, demikian informasi yang ditulis pada prasasti yang berada di pesanggarahan, di tepi jalan di kaki gunung yang berlokasi di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Prasasti dibuat dan ditandatangani Sultan Khairul Saleh (keturunan kerajaan Banjar yang juga mantan Bupati Banjar) pada 10 Muharram 1433 H atau 7 Desember 2011 silam.

Tulisan pada prasasti sebagai berikut; gunung Pamaton diketahui ada dua nama yaitu Pamaton dan Pamuatan. Disebutkan bahwa di gunung Pamaton terdapat pintu masuk ke dunia gaib yang diberi nama Pintu Gerbang Kerajaan Pamaton, tempat Yang Mulia Sri Paduka Pangeran Suryanata bertahta.

Diketahui Kerajaan Pamaton adalah pusat kerajaan gaib di Kalimantan (Kerajaan Banjar). Sejak zaman dahulu hingga sekarang gunung Pamaton dijadikan tempat tirakat atau bertapa oleh siapapun yang ingin mencari harta, ilmu dan kesaktian/kedikdayaan.

Hanya orang yang dikehendaki atau zuriat yang mendapat ridho dari Allah SWT yang dapat melihat kerajaan ghaib ini. Berdasarkan cerita orang-orang yang pernah masuk ke Kerajaan Ghaib ini, kehidupan di Pamaton sangat modern dan ramai sekali. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here