Martapura – Di usia yang ke 11 tahun,  tentunya semakin banyak tantangan yang dihadapi dan semakin banyak juga upaya yang harus dilakukan untuk mempertahankan citra Bank Sampah Sekumpul dalam menjaga lingkungan.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Bank Sampah Sekumpul Dewi Heldayati saat peringatan HUT Bank Sampah Sekumpul sekaligus peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di kantornya, Jalan Pendidikan Gang Berkat Tawakkal 2, Kelurahan Sekumpul, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Senin (21/2/2022) pagi.

Dikatakan Dewi, sejauh ini banyak prestasi yang diraih oleh pihaknya. Diantaranya juara Bank Sampah se Kalsel dan menjadi lembaga lokus penilaian semua aspek lingkungan seperti Proklim, Adipura, kabupaten/kota sehat dan Smart City.

Untuk mempertahankan penghargaan yang sudah diraih diperlukan inovasi, Dewi mengaku kedepan pihaknya akan bekerja sama dengan Bank Kalsel untuk tabungan nasabah, sehingga nasabah bisa melihat di gadget masing-masing saldo tabungannya.

Selain Bank Kalsel, pihaknya juga akan bekerja sama dengan berbagai sektor lainnya, agar seluruh nasabah bisa meningkatkan penghasilan. Dengan harga lebih tinggi sehingga saldo nasabah lebih banyak, pada akhirnya bisa membuat banyak orang untuk menjadi nasabah dan memilah sampah dari rumah.

“Bukan hanya warga Sekumpul tetapi seluruh warga, untuk menjaga lingkungan dan menghidupkan semua bank sampah yang ada di Kabupaten Banjar,” ajaknya.

Dirinya berharap, perlunya sinergitas dengan pemerintah daerah untuk membangkitkan kesadaran dan kepedulian masyarakat agar bisa merubah perilaku atau pola pikir masyarakat untuk memilah sampah lebih baik lagi.

Dalam memeriahkan Milad ke 11, ada beberapa perlombaan yang digelar, yaitu Tournament Mobile Legend dan dongeng untuk edukasi anak sejak dini, dengan hadiah piala, piagam penghargaan dan sejumlah uang tunai.

Sedangkan untuk ibu-ibu yang mendukung dan menjadi pelopor pilah sampah dari rumah melaksanakan senam bersama dan hiburan dengan aneka doorprize.

Syanan, terbaik II Tournament Mobile Legend sampaikan apresiasinya kepada Bank Sampah Sekumpul karena telah memberikan wadah bagi pecinta gamers untuk menyalurkan kemampuan dalam E-Sport.

“Selamat Ulang Tahun yang ke 11 Bank Sampah Sekumpul, tambah maju lagi kedepannya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here