Kapuas – Angin Puting Beliung melanda wilayah Desa Mantangai Tengah Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas Prov Kalteng, Selasa (22/2/2022) lalu kisaran pukul 14.30 WIB. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun terjangan angin menimbulkan kerusakan bangunan pelabuhan sungai dan rumah warga setempat.
Camat Mantangai Yubderi mengatakan, saat hujan deras angin puting beliung membuat bangunan rusak, antara lain pelabuhan kecamatan, tujuh rumah rusak berat, dan rumah rusak ringan. “Jadi terdampak 37 Jiwa, 10 Rumah, dan satu pelabuhan,” katanya melalui pesan WhatsApp, sebagaimana dilansir Infopublik.id

Menurut Yubderi, pihaknya sudah melakukan pendataan jumlah bangunan yang rusak, dan mengimbau masyarakat setempat agar tetap waspada, karena saat ini cuaca masih kurang bersahabat.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga mengakui adanya bencana angin puting beliung di Kecamatan Mantangai itu. Dari laporan yang diterima pihaknya itu, maka akan segera ditindaklanjuti untuk diberikan bantuan.

“Ada pelabuhan dan rumah warga yang rusak. Tim kita segera ke lokasi untuk menindaklanjutinya,” ucapnya.

Dia menjelaskan, saat ini cuaca di Kabupaten Kapuas memang kurang baik dan harus diwaspadai terhadap ancaman bencana. Karena intensitas hujan dinilai cukup tinggi.

“Masyarakat tetap waspada dengan curah hujan tinggi yang disertai dengan angin kencang (angin puting beliung, red),” tutupnya. (Mitra Diskominfo Kalteng/Sw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here