Musim Hujan Rentan Banjir, Kemarau Rentan Karhutla

0
236

Banjarbaru – Selaras dengan Pemerintah Pusat, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor berharap langkah mitigasi dan kesiapan menghadapi bencana di Kalsel harus dilakukan dan bersinergi dengan komponen termasuk masyarakat.

“Dalam hal persiapan, antisipasi ataupun melakukan pencegahan-pencegahan jika terjadi bencana, kita harus siap menghadapinya,” ujarnya saat mengikuti Rakornas Penanggulangan bencana 2022 secara virtual di Command centre Setdaprov Kalsel, Banjarbaru Rabu (23/2/2022).

Disebutkan jika di Kalimantan Selatan kerap terjadi bencana dari dua musim yang ada, saat musim hujan rentan terjadi banjir sedangkan kemarau dapat terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Menyikapi hal tersebut, Sahbirin menyebutkan pihak pemerintah daerah mesti kerja maksimal, lebih baik mengantisipasi daripada menanggulangi bencana.

“Sedangkan langkah untuk kesiapan menghadapi bencana akan melakukan pelatihan-pelatihan kesiapan, baik itu secara personal maupun bersama dengan rakyat, ini penting sekali,” tambah Sahbirin.

Untuk mitigasi kebencanaan alam, disebutkan Pemerintah Daerah melakukan normalisasi sungai, termasuk pengerukan Sungai. Ary/MC kalsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here