Dinas Damkar dan Penyelamatan Banjar Dinilai Sigap

0
194

MARTAPURA,- Sinergitas antara Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Banjar dengan masyarakat selama ini terjalin sudah cukup baik, hal ini semua sangat membantu masyarakat termasuk dalam hal penyelamatan di Kabupaten Banjar.

Demikian diungkapkan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H Masruri pada saat apel peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke 103 secara virtual, di Mahligai Sultan Adam lantai II Martapura, Selasa ( 1/03/2022) pagi.

“Peran relawan juga sangat membantu,  selalu sigap dan tanggap dalam menangani peristiwa kebakaran dan penyelamatan di lingkungan masyarakat” ujar Masruri.

Masruri juga berharap, kedepan Pemerintah Daerah terus mendukung keberadaan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), dan rencananya dalam waktu dekat juga akan difasilitasi dengan pengadaan gedung kantor yang baru.

Apel HUT Pemadam Kabakaran dan Penyelamatan ke 103 digelar secara virtual, selaku Inspektur Upacara Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Makasar, dihadiri Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal ZA.

Apel ini diikuti oleh seluruh DPKP se Indonesia secara virtual, sementara dari Kabupaten Banjar dihadiri Kabid Pencegahan DPKP Banjar Eddy Elminsyah Jaya beserta anggota dan relawan Damkar.

Sebagai informasi sejarah Damkar sendiri  awalnya dikenal dengan nama “Branwir” dari Bahasa Belanda : Brandweer bermula pada tahun 1873.

Dimana terjadi kebakaran besar di Kramat Kwitang, dan residen (sekarang Gubernur DKI Jakarta mengeluarkan peraturan atau reglemet pada tahun 1915 dengan nama Reglement op de Brandweer in de Afdeeling stad Vorsteden van Batavia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here