Banjarbaru – Pemerintah Provinsi Kalsel melalui BPBD merespon kejadian angin puting beliung dengan menerjunkan TRC (tim reaksi cepat) sekaligus logistik bantuan kepada para korban bencana alam.

Seperti diketahui, Senin (28/2/2022) lalu terjadi bencana angin puting beliung di daerah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, Desa Tinggiran Tengah Kecamatan Mekar Sari Kabupaten Batola dan Kelurahan Guntung Payung Banjarbaru.

“Sesuai instruksi  Gubernur Kalsel kita langsung  ke lapangan dalam waktu  12 jam dari kejadian bencana, yaitu menerjunkan unit TRC BPBD Kalsel sekaligus memberikan bantuan tanggap darurat berupa sembako dan selimut kepada para korban bencana alam angin puting beliung,” kata Kalak BPBD Kalsel Mujiyat, Rabu (2/3/2022).

Pihak TRC BPBD Kalsel saat ini sedang inventarisir korban bencana alam tersebut di lapangan. Terkait kebutuhan non sembako para korban bencana hingga saat ini belum ada permintaan. 

“Kita berupaya merespon cepat kejadian bencana, kita sudah lakukan itu jadi jangan sampai ada anggapan kami lambat,” kata Mujiyat.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada akan bencana hidrometeorologi di Kalsel hingga April 2022 seperti angin puting beliung, angin kencang, banjir dan longsor. “Bila melihat tanda akan angin kencang maka sebaiknya keluar rumah dulu, paling tidak antisipasi dulu lah dan di luar kita bisa liat situasi,” kata Mujiyat. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here