KOTABARU – Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin (BASARNAS) menerima informasi bahwa telah terjadi Kecelakaan Pelayaran 1 Unit Speedboat hilang kontak di Perairan Tanjung Sebau Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan Sabtu (5/3) sekitar jam 07.55 WITA.

Berdasarkan laporan yang diterima Basarnas Banjarmasin, bahwa pada hari Jum’at (4/3) jam 18.45 WITA Speedboat dengan Person on Board (POB) 2 Orang yang terdiri 1 orang Motoris dan 1 Orang Pegawai PT. Sucofindo berangkat dari Pelabuhan Speed Batulicin Menuju ke lokasi MV TULIP 18 yang berada di Sekitar perairan Tanjung Sebau kabupaten Kotabaru, dengan estimasi Perjalanan kurang lebih 2 Jam.

Kepala Basarnas Banjarmasin Al Amrad melalui Koordinator Pos Kotabaru Teguh Prasetyo menyampaikan, speedboat tersebut hingga Sabtu (5/3) jam 07.00 WITA pagi belum tiba di MV. TULIP 18 serta Motoris.

“Penumpangnya juga tidak dapat dihubungi. Kalau menurut perhitungan seharusnya speed boat tersebut sudah tiba pada hari Jum’at kemarin sekitar jam 20.45 WITA,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, menurutnya identitas 2 orang POB tersebut antara lain M Irfansyah (25 tahun) warga desa Lontar Timur Kotabaru, dan Naharudin (40 Tahun) warga Jalan Berangas Kotabaru.

Sementara itu, Kepala Basarnas Banjarmasin, Al Amrad saat dihubungi mengatakan, Basarnas Banjarmasin melalui Pos SAR Kotabaru telah memberangkatkan satu tim rescue.

“Sudah diberangkatkan pada jam 08.20 WITA tadi untuk melaksanakan Operasi SAR pencarian speed boat tersebut. Tim ini berangkat menggunakan sarana Rigid Inflatable Boat (RIB) untuk melakukan pencarian dengan didukung 1 Set Peralatan Navigasi, 1 Set Peralatan Alat Kominikasi (Alkom), 1 Set Peralatan Medis, dan APD Personal. Dengan estimasi waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Kami akan melakukan pencarian melewati rute yang biasa dilalui speedboat tersebut dengan heading 37 derajat dan jarak kurang lebih 32,6 NM dari dermaga tempat RIB kami sandar,” jelasnya lagi.

Ia berharap cuaca yang cukup cerah hari ini dapat mempercepat dalam melaksanakan operasi SAR, dan speedboat beserta penumpang nya dapat segera ditemukan. (Basarnas Banjarmasin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here