Banjarbaru – Mulai hari ini (8/3), para calon penumpang perjalanan udara tidak diwajibkan menunjukkan hasil tes Covid-19.

Merujuk pada SE Kementerian Perhubungan No. 21 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi _Corona Virus Disease_ 2019 (Covid-19) yang terbit pada 8 Maret 2022, pelaku perjalanan udara yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau ketiga _(booster)_ tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau _Rapid Test Antigen_.

“Kami selaku operator bandar udara mendukung penuh peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah, dalam hal ini adalah Kementerian Perhubungan dengan terbitnya syarat penerbangan terbaru mulai 8 Maret 2022. Kami harap hal ini dapat menjadi semangat baru bagi seluruh pengguna jasa Bandara dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama masa Pandemi Covid-19”, ungkap Dony Subardono, General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Untuk pelaku perjalanan udara yang mendapatkan vaksinasi pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam atau _Rapid Test Antigen_ yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan. Sementara untuk pelaku perjalanan udara yang belum mendapatkan vaksinasi, selain hasil tes Covid-19 juga wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Dony menambahkan, “Para calon penumpang dan pengantar dapat memasuki area gedung terminal Bandara Internasional Syamsudin Noor hingga _check in area_. Setelah itu akan dilakukan pengecekan kelayakan terbang untuk calon penumpang di area berikutnya”.

Syarat penerbangan untuk anak-anak berusia dibawah 6 tahun pun disesuaikan menjadi dapat melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

 “Dengan adanya informasi yang dinamis selama masa Pandemi Covid-19, terutama tentang syarat perjalanan udara, kami himbau untuk seluruh pengguna jasa dapat menyimak informasi terkini yang kami sampaikan melalui media sosial resmi Bandara Internasional Syamsudin Noor, yaitu Instagram @syamsudinnoorairport, Twitter @bdjairport, dan Facebook Syamsudin Noor Airport Page”, pungkas Dony. [VA]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here