Pulau Curiak Akan Diperkenalkan Pada Peserta W20

0
255

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) menetapkan Pulau Curiak di Kabupaten Barito Kuala sebagai tujuan awal tur, bagi para delegasi Women 20 (W20) yang diselenggarakan di Banjarmasin pada tanggal 23 sampai 25 Maret mendatang.

Penetapan tersebut disampaikan oleh Kepala Dispar Kalsel, M Syarifuddin pada rapat pemantapan dan sinkronisasi kegiatan tur Delegasi W20 bersama dengan stakeholder dan instansi terkait.

Syarifuddin menilai Pulau Curiak sebagai salah satu destinasi wisata yang tepat dalam mempresentasikan keeksotisan Banua. Apalagi pulau tersebut juga digunakan sebagai tempat konservasi hewan endemik Kalimantan, yakni Bekantan.

“Pada pelaksanaan W20 nanti kita akan bawa para tamu delegasi berkunjung ke Pulau Curiak untuk mengenalkan kepada mereka hewan ikon kita. Apalagi tamu mancanegara ini suka dengan wisata alam seperti itu,” kata Syarifuddin, Banjarmasin, Jumat (11/3/2022).

Selain Pulau Curiak, lanjut Syarifuddin, Dinas Pariwisata Kalsel bersama stakeholder dan instansi terkait juga sepakat untuk membawa para tamu berkunjung ke Kiram Park dan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sultan Adam untuk mengenalkan keindahan geosite Geopark Meratus.

“Melalui rapat pemantapan tersebut kami juga menyiapkan beberapa tujuan wisata Banua, dimana masing-masing SKPD terkait telah menyampaikan laporan akhir persiapan tujuan wisata, seperti Dinas Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata Kota Banjarbaru bersama Dinas Koperasi dan UMKM Kalsel yang akan menampilkan pembuatan dan keindahan kain sasirangan. Kemudian Dinas Kehutanan Kalsel berkolaborasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga, Pariwisata Kabupaten Banjar akan menyuguhkan betapa menawannya hutan Tahura dan Kiram park, dan destinasi unggulan lainnya,” kata Syarifuddin.

Kalsel menjadi salah satu rangkaian kunjungan delegasi W20 setelah Manado, Kupang, dan Malang beberapa waktu lalu. Rangkaian tur W20 di Kalsel akan ditutup dengan seminar tentang peranan wanita dalam pembangunan. 

“Kalimantan Siap untuk menyambut para delegasi W20 nanti, untuk itu kami menyinkronkan kegiatan untuk W20 ini,” tukas Syarifuddin. ###

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here