Pemprov Kalsel Dirikan Tiga Lumbung Sosial di Banjarmasin

0
250

Banjarmasin – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Sosial bekerjasama Kemensos RI kembali membangun Lumbung Sosial kesiapsiagaan Bencana di 3 Kecamatan Kota Banjarmasin. Yaitu Kecamatan Banjarmasin Utara, Banjarmasin Timur dan Banjarmasin Selatan.  “Ketiga wilayah tersebut merupakan wilayah terdampak langsung bencana banjir awal tahun 2021 lalu dan air pasang terdalam di kota Banjarmasin,” jelas Achmadi, Kabid Linjamsos Dinas Sosial Kalsel. 

Bantuan untuk mengisi ketiga lumbung sosial tersebut akan dilaksanakan pada Jumat (18/3/2022). “Bertepatan kunjungan kerja Komisi 8 ke Banjarmasin,” terang Achmadi.

Bantuan diserahkan untuk lumbung sosial berupa sandang, lauk pauk..water treatment/penjernih air, keperluan keluarga, beras, tenda, matras, selimut, tenda keluarga, kasur, pompa air, tandon,  dan lain-lain.

“Bantuan tersebut sebagai stok di lumbung sosial, hal ini sesuai arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, dengan adanya lumbung sosial apabila terjadi bencana di daerah tersebut maka bantuan lebih cepat disalurkan,” katanya.

Sebelumnya Pemprov Kalsel juga telah membangun 14 lumbung sosial di Tapin, Banjar, Kotabaru, dan HST. 

Diharapkan, lumbung sosial juga bisa berdiri di daerah lain yang rawan bencana.  “Jika terjadi bencana korban bisa segera dibantu, minimal untuk kebutuhan dasar,” katanya.

Dinsos Kalsel akan terus upayakan tambahan jumlah lumbung sosial di Kalsel, khususnya di tiap daerah rawan bencana. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here