Teknik Mendongeng Untuk Pembentukan Karakter Anak

0
291

Banjarmasin – Dalam Rangka memperingati Hari Dongeng Sedunia, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel mengundang Master Of Storytelling and Ventriloquist Legend, Agus DS. Kehadirannya guna berbagi tips dan trik berdongeng dengan teknik hypnotelling dan ventriloquist kepada sejumlah Guru PAUD.

Kegiatan digelar di aula Dispersip Kalsel di Banjarmasin Kamis (17/3/2022) tadi. Acara dibuka Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie yang diwakili Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan, Wildan Akhyar.

Wildan mengatakan kehadiran narasumber ini merupakan komitmen Dispersip Kalsel untuk terus menggaungkan literasi dan meningkatkan kegemaran membaca. 

Sementara itu, Agus DS, mengatakan sebelum mendongeng guru atau orang tua harus paham dan tahu arah pembentukan karakter anak.

“Contoh, mau diajak penakut atau pemberani? Itu dahulu yang dipikirkan, bukan ceritanya apa dan bukan bagaimana jalan ceritanya,” tutur Agus.

Dia juga menyarankan, dalam berdongeng guru dan orang tua harus bisa menarik perhatian anak-anak, sehinga bisa menyimak dan menyerap makna dari cerita yang dibawakan.

Untuk itu, para guru dan orang tua harus bisa menguasai teknik berdongeng yang baik, salah satunya dengan teknik ventriloquist atau teknik mengeluarkan suara tanpa membuka mulut.

“Teknik ini dinilai dapat digunakan sebagai salah satu cara meningkatkan gaya mengajar, dengan membuat anak-anak terkesan dan tertarik kepada seorang guru. Teknis ini juga bisa dikombinasikan dengan boneka tangan, sehingga menarik perhatian anak-anak,” tukas Agus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here