Menag Yaqut Minta Tokoh Agama Kalsel Rawat Toleransi

0
163

Banjarbaru – Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Selatan pada Kamis (31/3).

Bertempat di Asrama Haji Embarkasi Banjarbaru di Landasan Ulin , kunker tersebut dilaksanakan dalam rangka penguatan moderasi beragama untuk memantapkan keberagaman dan merawat keberagaman dalam bingkal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kegiatan ini pun menghadirkan 200 orang peserta dari unsur tokoh agama, habaib dan muallim alim ulama, pimpinan pondok pesantren, pengasuh majelis taklim, aktor intelektual kerukunan umat beragama, kepala kementerian agama kabupaten/kota, tamu undangan serta intern kementerian agama.

Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas meminta kepada seluruh tokoh agama di banua untuk menjaga keindahan toleransi beragama.

“Saya minta kepada seluruh tokoh agama di Kalsel untuk bersama sama merawat keindahan toleransi beragama, mari terus kita jaga ini,” ucapnya.

Menurut Menag, moderasi beragama yang digulirkan kementerian agama adalah salah satu upaya untuk merawat karakter keberagamaan yang moderat, toleran, dan saling menghormati. 

Menag Yaqut, meyakini bahwa dengan berkolaborasi dengan berbagai unsur kalangan masyarakat, maka upaya untuk penguatan moderasi beragama akan dapat diraih.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor diwakili Sekda Prov Kalsel Roy Rizali Anwar mengatakan, pertemuan ini dapat memperkuat sinergi antara pemerintah dan para tokoh agama dalam menjawab tantangan ke depan.

“Insyallah jika semua bersinergi maka akan tercpita lingkungan yang aman, tentram dan bahagia,” ucapnya.

Kakanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan M Tambrin mengatakan,  Kalimantan Selatan sebagai salah provinsi yang agamis dan pluralis dengan berbagai perbedaan, berbeda suku, budaya, Bahasa dan agama.

Namun, sikap saling menghargai dan menghormati satu sama lain sangat terasa sehingga masyarakat bisa hidup berdampingan dan saling bantu membantu, dengan mengedepankan sikap toleransi, sehingga minoritas dan mayoritas saling melindungi dan mengayomi.

Penduduk Kalimantan Selatan mayoritas beragama Agama Islam dengan jumlah 3.996.965 jiwa, Agama Kristen, 55.005 jiwa, Agama Katolik 22.523 jiwa, Agama Hindu, 23.823 jiwa, Agama Buddha 12.185 jiwa, Agama Konghucu, 202 jiwa, Aliran Kepercayaan 9.121 jiwa.

Sedangkan jumlah tempat ibadah masjid sebanyak 2.768 , Gereja Kristen 100 , Gereja Katolik 14 , Pura 268 , Vihara 24  dan Kelenteng 3 tempat ibadah. (Syh/Adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here