Banjarmasin – Gubernur Sahbirin Noor kembali melantik pejabat administrator dan pengawas atau setingkat eselon III dan IV  di lingkup Pemprov Kalsel, Jumat (1/4/2022). Sebanyak 295 orang pejabat mengikuti prosesi pelantikan di Gedung Idham Chalid Banjarbaru.

Sebelumnya beberapa waktu lalu pria disapa Paman Birin itu juga  melantik 87 pejabat pengawas dan adiministrator. Pada pelantikan kali ini ada pejabat yang mutasi dan mendapat promosi jabatan struktural. 

Dalam pelantikan itu para pejabat diambil sumpah jabatan. Dalam pesannya Paman Birin minta para pejabat dapat segera beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. “Kenali tupoksi masing-masing bekerja lah dengan cepat tepat dan terukur, kemudian tingkatkan kompetensi, telaah tugas dan tanggung jawabnya,” pesannya.

Ia mengatakan akan terus melakukan evaluasi berdasarkan kompetensi, prestasi dan kinerja pejabat di lingkup Pemprov Kalsel. Ia memastikan evaluasi dan penilaian yang dilakukan akan berdasar kompetensi dan prestasi kerja yang bersangkutan. 

“Mari kita bekerja mewujudkan Kalsel maju, sesuai dengan fungsi dan tugas masing masing,” harap Paman Birin. 

Di akhir sambutan Paman Birin menutup dengan melantunkan shalawat kepada Nabi Muhammad. Hal ini kerap ia lakukan di berbagai agenda kegiatan Pemprov Kalsel yang dihadirinya.

Sebagaimana sebelumnya, pada pelantikan kali ini juga diisi kembali dengan tausiyah. Kali ini disampaikan oleh KH Hatim Salman Lc yang merupakan pimpinan Ma’had Aly Darussalam Martapura sekaligus mantan Wakil Bupati Banjar.

Dalam tausiyahnya, Guru Hatim mengingatkan soal sumpah jabatan yang dicapkan dengan Nama Allah memiliki resiko wajib dilaksanakan apa yang diucapkan. “Bila melanggar apa yang diucapkan saat sumpah dengan Nama Allah maka dosa besar,” kata Guru Hatim.

Plt Kepala BKD Kalsel Syamsir Rahman mengatakan momen pelantikan pejabat struktural kali ini adalah ketiga kalinya selama jabatan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor periode kedua.  “Ada 294 pejabat struktural eselon III dan IV yang dilantik, 78 diantaranya eselon III dan sisanya eselon IV,” katanya.

Pelantikan ini dilaksanakan guna upaya percepatan pemenuhan jabatan di tingkat eselon III dan IV. “Sesuai arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, kami di BKD mengupayakan agar pos jabatan yang kosong segera terisi agar jalannya roda pemerintahan tak terganggu oleh kekosongan jabatan,” kata Syamsir.

Setelah pelantikan pejabat struktural eselon III dan IV kali ini maka finalnya nanti adalah pengisian jabatan kosong di eselon II atau pejabat pimpinan tinggi Pratama. “Proses lelang jabatan sedang dilaksanakan, nanti menunggu hasilnya, yang peringkat I sampai III akan dilaporkan Gubernur Kalsel dan ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) untuk penentuannya,” kata Syamsir. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here