Banjarmasin – Menjelang bulan suci Ramadan 1443 hijriah tahun 2022 ini, Gubernur Kaliman Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin mengajak jajarannya di lingkup Pemerintah Provinsi setempat, melakukan aksi bersih-bersih di kawasan Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Sabtu pagi (2/4)/2022)

Sedikitnya 10 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemprov Kalsel terlibat dalam kegiatan ini.

Antara lain Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Satuan Polisi PP dan Damkar.

Biro Administrasi Pimpinan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, BPSDMD, Biro Umum dan Adpim, Dinkes, ESDM, Sekwan dan Dinas Kehutanan.

“Bersih-bersih ini kita lakukan agar lingkungan mesjid lebih rapi, indah dan nyaman bagi jemaah yang beribadah di bulan Ramadan nantinya, baik ibadah wajib maupun ibadah sunat seperti tarawih,” ujar Paman Birin, sapaan Sahbirin Noor di sela memimpin langsung aksi bersih bersih.

Paman Birin juga mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kebersamaan, meskipun terjadi perbedaan seperti penetapan awal Ramadan tahun ini.

Diketahui, tahun ini pemerintah menetapkan awal puasa jatuh pada Minggu tanggal 3 April 2022, sementara sebagian muslim lainnya sudah memulainya pada Sabtu (2/4).

“Jangan kita bermusuhan dalam perbedaan, justeru karena perbedaan itu kita bersatu,” pesannya.

Selain turun langsung membersihkan kawasan mesjid dengan sebilah parang, Paman Birin pun meminta dinas terkait melakukan membersihkan sungai, mengecet taman masjid.

Seperti kawasan kolam masjid terlihat kondisi air yang kurang lancar mengalir dan kondisi air hitam atau keruh.

“Coba dicari dimana masalahnya, lalu lakukan tindakan,” perintahnya kepada Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar yang saat ini masih merangkap Kepala Dinas PUPR itu.

Didampingi Ketua DPRD Kalsel H Supian HK dan Sekda Roy Rizali Anwar, kondisi sungai yang jadi perhatian Paman Birin adalah kawasan terbuka hijau area masjid.

Air kolam depan mesjid juga tak luput dari pentauannya dan segera menyuruh sejumlah petugas melakukan pengurasan air dan pembersihan kolam.

Selanjutnya, ia meminta beberapa bagian di kawasan itu, dilakukan pengecatan sehingga warnanya lebih bersih dan indah.

Aksi bersih-bersih dilakukan masing-masing SKPD sesuai pembagian area untuk mudahkan kordinasi.

Aksi ini dilakukan mulai membersihkan rumput, memotong ranting, memungut sampah plastik, hingga menyiram area depan mesjid dengan mengerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran dari Satpol PP dan Damkar Pemprov Kalsel.

Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar mengatakan, giat membersihkan lingkungan masjid lahir dari inisiasi langsung Gubernur Paman Birin.

” Pa Gubernur ingin menjelang Ramadan suasana lingkungan sudah terlihat makin bersih dan indah. Ini agar memberikan suasana nyaman bagi jamaah yang ingin beribadah,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here