Amuntai – Kehadiran Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor menjadi penyemangat masyarakat untuk ikut vaksinasi bergerak yang digelar di berbagai wilayah banua enam Kalimantan selatan.

Hal itu berkali-kali disampaikan Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel saat meninjau Vaksinasi Bergerak di wilayah banua enam yaitu Kabupaten Tabalong, Kabupaten Balangan dan Kabupaten HSU pada Senin (11/4).

“Kita semua berharap dan ingin, semua warga banua bebas dari penyakit Covid-19. Sehingga suatu saat tidak pakai masker lagi  saat ketemu karena sudah di vaksin semua,” kata Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel saat meninjau Vaksinasi Bergerak di tiga wilayah banua enam yaitu Kabupaten Tabalong, Kabupaten Balangan dan Kabupaten HSU pada Senin (11/4).

Dibeberkan Paman Birin, dengan capaian vaksinasi, selain dapat menghindari risiko terburuk akibat adanya Covid-19, juga dapat mengakhiri masa pandemi.

Dirinya juga mengapresiasi Kabupaten Tabalong, Kabupaten Balangan, dan Kabupaten HSU yang terus menerus memiliki reputasi terbaik dalam pelaksanaan vaksinasi, baik dosis pertama, kedua, lansia dan juga anak, serta vaksinasi lanjutan (booster).

Pada kesempatan itu, Paman Birin yang mendapat laporan hingga 11 April 2022 ini, masih ada warga yang terpapar Covid-19 mendoakan agar cepat sembuh.

Di Tabalong misalnya ada 8 warga yang terpapar Covid-19. Empat warga diantaranya dirawat di rumah sakit dan 4 warga.

Sedangkan di Kabupaten Balangan ada 10 warga positif, 6 warga di rawat di rumah sakit dan sisanya isolasi mandiri.

“Saya minta kepada semua pihak melayani warga dengan baik. Pihak rumah sakit merawat hingga sembuh dan yang isolasi mandiri terus diperhatikan,” pesan Paman Birin.

Sementara itu, Vaksinasi Bergerak di Kabupaten Tabalong antusias diikuti warga.

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, dalam sambutannya mengatakan, kehadiran gubernur menjadi semangat bagi pemkab maupun masyarakat Tabalong untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

Dikatakan Anang, untuk hari ini, pihaknya menargetkan 2.000 dosis vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat.

“Dalam program vaksinasi bergerak ini, kami menargetkan 2.000 dosis vaksin diberikan kepada masyarakat, yang disebar di seluruh puskesmas di Kabupaten Tabalong,” sampainya.

Untuk capaian vaksinasi di Kabupaten Tabalong, dosis pertama mencapai 96% dan dosis kedua mencapai 66%.

Begitu juga di Kabupaten Balangan, saat meninjau Vaksinasi Bergerak yang digelar di Puskesmas Paringin, kehadiran Paman Birin juga dapat menjadi magnet masyarakat untuk mengikuti vaksinasi.

Hal tersebut disampaikan Sekda Kabupaten Balangan, Sutikno, yang hadir mewakili Bupati Balangan.

“Kehadiran Paman Birin, dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mengikuti program Vaksinasi Covid-19,” sampainya.

Di Kabupaten Balangan, capaian vaksinasi untuk dosis pertama hampir mencapai 100%, dosis kedua mencapai 74%.

Sementara itu, di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Plt Bupati, H.Husairi Abdi, menyampaikan capaian vaksinasi untuk dosis pertama mencapai 90%, dosis kedua mencapai 70%.

Kegiatan Vaksinasi Bergerak yang dihadiri Ketua DPRD Provinsi Kalsel H. Supian HK, jajaran Kepala SKPD Provinsi Kalsel, juga dirangkai dengan pemberian bantuan dana hibah Pemprov Kalsel untuk rumah ibadah, pembagian paket sembako bagi para peserta yang telah melakukan vaksinasi, dan pemberian batuan makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita.

Adapun titik lokasi yang menjadi lokasi utama pelaksanaan Vaksinasi Bergerak, yaitu RSUD H. Usman Dundrung Tanjung Kabupaten Tabalong, Puskesmas Paringin Kabupaten Balangan dan Kantot Camat Sungai Pandan Kabupaten HSU.(Rny/adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here