Banjarbaru – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan CPNS dan PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) baik guru maupun non guru di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Tahun Anggaran 2021. Penyerahan SK CPNS Kalsel 2021 ini berlangsung di halaman Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Rabu (13/4/2022). 

Total CASN Pemprov Kalsel yang menerima SK hari ini sebanyak 1.616 orang, terdiri dari 370 CPNS, 1.174 PPPK guru, dan 72 PPPK non guru.

Dalam penyerahan SK, Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel ini didampingi Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar dan Kepala BKN Regional VIII Banjarmasin Darmuji serta Plt Kepala BKD Kalsel H Syamsir Rahman serta unsur pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kalsel. 

“Saya mengajak saudara sekalian untuk menjadikan kegiatan ini sebagai momen untuk bersyukur. Mensyukuri kesempatan untuk memulai perjalanan karier sebagai Aparatur Sipil Negara,” ucap Paman Birin.

Ia juga mengajak CPNS 2021 agar dapat mengabdi sebaiknya dengan cara melaksanakan  tugas sebaiknya.

Paman Birin, sapaan akrabnya, berpesan agar CPNS maupun PPPK segera beradaptasi dengan lingkungan kerja. “Pahami kondisi pemerintahan dan birokrasi secara menyeluruh, mulai dari tata organisasi pemerintah, aturan kepegawaian dan aspek-aspek lainnya terkait dengan tugas sebagai pelayan masyarakat, penyelenggara pemerintahan, dan pelaksana pembangunan,” ucapnya.

Paman Birin menambahkan, setelah menerima SK, berarti yang bersangkutan telah memiliki hak dan kewajiban sebagai seorang ASN, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ASN.

Di akhir sambutan, Paman Birin membacakan shalawat di hadapan CPNS Pemprov Kalsel 2021.

Dalam kegiatan penyerahan SK CPNS ini juga diisi tausiyah oleh Guru Wildan Salman. Dalam tausiyahnya pimpinan Ponpes Tahfidz Darussalam Martapura ini juga mengingatkan agar CPNS 2021 yang telah menerima SK agar dapat memenuhi kewajiban dengan baik dan melaksanakan tugas dengan amanah. 
Sementara ditemui usai kegiatan, Plt Kepala BKD Kalsel Syamsir Rahman mengungkapkan bahwa penyerahan SK CPNS 2021 di lingkup Pemprov Kalsel kali ini merupakan salah satu yang tercepat dibandingkan CPNS di provinsi lainnya. “Sesuai dengan arahan Paman Birin selaku Gubernur Kalsel, kita sebelumnya meminta BKN agar dapat mempercepat proses penyerahan SK CPNS di Pemprov Kalsel,” kata Syamsir.

Pasalnya kebutuhan akan ASN diperlukan guna menunjang kinerja pemerintahan.

“Kita harap dengan penyerahan SK CPNS 2021 ini merupakan role model pada masa mendatang, seperti kita ketahui kita masih sangat kekuatan dari segi jumlah ASN,” kata Syamsir.

Ia juga memberikan arahan kepada para penerima SK CPNS 2021 bahwa pada hari ini adalah momen penting dalam memulai pengabdian sebagai CPNS. “Nanti setelah setahun baru mereka akan menerima SK ASN/PNS,” kata Syamsir. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here