Banjarmasin – Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, H Muhidin didampingi Wakil Ketua TP PKK Provinsi Kalsel  Hj. Fathul Jannah Muhidin hadiri Puncak Peringatan Hari Kartini 2022 di Istana Negara secara daring dari Mahligai Pancasila pada Kamis (21/4).

Hj. Iriana Joko Widodo selaku Pembina Oase Kabinet Indonesia Maju, dalam sambutannya menyampaikan kesetaraan yang didapatkan perempuan Indonesia adalah berkat perjuangan dan semangat Kartini.

“Berkat perjuangan dan semangat Kartini, perempuan-perempuan Indonesia bisa sejajar dengan laki-laki dalam segala bidang kehidupan yang serta turut berkontribusi bagi pembangunan keluarga, bangsa dan negara” ujarnya.

Dirinya juga menyebutkan bahwa banyak perempuan Indonesia masa kini telah berjasa dan berprestasi dalam profesinya masing-masing baik dalam skala nasional maupun internasional.

Dalam Puncak Peringatan Hari Kartini 2022 yang diselenggarakan masih di situasi pandemi ini, Hj Iriana Joko Widodo juga mengucapkan terima kasih kepada perempuan-perempuan Indonesia yang terlibat langsung dalam menghadapi Covid-19.

“Berkat kerjasama kita semua, termasuk di dalamnya perempuan-perempuan hebat. Alhamdulillah kondisi pandemi di negara kita dapat dikendalikan dengan baik” sampainya.

Tak lupa dirinya juga ucapkan belasungkawa untuk perempuan-perempuan Indonesia yang gugur dalam profesinya sebagai tenaga kesehatan yang turut ambil bagian dalam garda terdepan penanganan Covid-19.

Selanjutnya dirinya juga menyampaikan bahwa perempuan-perempuan Indonesia berpotensi ambil bagian dalam pemulihan akibat pandemi.

“Peringatan Hari Kartini tahun 2022 ini harus dimaknai sebagai era kebangkitan perempuan Indonesia dalam melawan pandemi. Untuk pemulihan ekonomi, sehingga kita bisa segera mewujudkan Indonesia Maju seperti yang kita cita-citakan bersama” ujarnya.

Karena itu dirinya mengharapkan seluruh perempuan Indonesia untuk tetap berprestasi karena Pemerintah akan terus berkomitmen memberi peluang sebesar-besarnya untuk berkarya dan memaksimalkan potensi perempuan di segala sektor.

Dalam laporan yang disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Hari Kartini 2022, Tri Tito Karnavian, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperingati dan mengibarkan semangat juang Kartini yang telah berjasa bagi perempuan Indonesia.

Pada Puncak Peringatan Hari Kartini tahun 2022 ini, diserahkan sebanyak 514 penghargaan kepada perempuan berjasa dan berprestasi di seluruh kabupaten/kota se-Indonesia.

Adapun rincian penerima penghargaan itu adalah 115 orang di bidang pendidikan, 99 orang di bidang kesehatan, 102 orang di bidang sosial budaya, 99 orang di bidang lingkungan hidup dan 99 orang di bidan pertanian.

Dalam pelaksanaan Puncak Peringatan Hari Kartini tahun 2022 di Kalimantan Selatan sendiri, turut diserahkan 13 penghargaan bagi perempuan berprestasi dari 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, H Muhidin  ditemui usai acara menyampaikan pesan kepada perempuan-perempuan di Kalsel agar terus berprestasi.

“Kami mengharapkan kepada perempuan-perempuan di Kalsel untuk terus meningkatkan prestasi, baik itu di sektor kemasyarakatan, pendidikan, pertanian, pendidikan ataupun kesehatan,” sampainya.

Acara yang dihadiri secara daring dari Mahligai Pancasila ini juga turut dihadiri Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Supian HK dan Danrem 101/Antasari, Rudi Puruwito. (Ran/Adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here