Banjarmasin – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Banjarmasin menerjunkan Tim Intensifikasi Pengawasan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443.

Salah satunya, pengawasan terhadap bahan pangan yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk melewati momen lebaran aman dan sehat.

Hal tersebut, disampaikan Kepala BBPOM Banjarmasin, Leonard Duma disela acara sosialisasi, dengan sasaran kader pramuka Selasa (26/4/2022) di Banjarmasin.

Menurutnya, meski tingkat kesadaran pedagang terhadap keamanan pangan sudah baik, namun demikian Badan POM mengharapkan agar masyarakat tetap waspada dalam memilih produk pangan yang aman, bermutu dan bergizi.

“Jadi seminggu sebelum lebaran, kita terjunkan tim pengawasan. Hari ini sudah ada tim yang dilapangan,” katanya.

Pengawasan kata, Leonard akan berlangsung hingga selesai moment lebaran, untuk mengantisipasi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang menjual makanan kadaluarsa.

“Kadang-kadang kita lengah setelah idul fitri, kita antisipasi oknum yang memanfaatkan momen itu, menjual makanan yang kadaluarsa. Kerena biasanya sebelum ramadhan stok barang sangat mungkin tidak habis,” jelasnya.

Sebab, diikatakan masih ada beberapa temuan bahan makana dan pangan yang kadaluarsa, saat giat pengawasan dilapangan, seperti barang yang terpajang tapi kadaluarasa di toko ritel modern, hingga pasar tradisional.

“Produk yang tidak layak terus kita kawal, apakah diganti yang baru, atau dimusnahkan, jangan sampai dijual lagi, itu kita kwal terus,” twgasnya.

Sehingga masyarakat pun diminta Cerdas salah satunya teliti dalam membeli, dan tak perlu melakukan stok, sebab Pemerintah sudah menjamin kebutuhan bahan pokok tersedia untuk masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here