Banjarmasin – Selain dihadiri ribuan jamaah, Haul Ganal 216 Syekh Arsyad Al Banjary juga dihadiri kalangan ulama dan Habaib di banua serta kalangan zuriat ulama yang akrab disebut Datu Kalampayan tersebut.

Sejak pagi hari, jamaah tumpah ruah di kawasan  Mahligai Pancasila Banjarmasin Kamis (12/5/2022) yang menjadi tempat Haul Ganal ke 216 Syekh Arsyad Al Banjary. 

Haul  dihadiri para Habaib, keturunan atau zuriat Datu Kalampayan dan ulama se Kalsel, seperti KH Wildan Salman, KH Hatim Salman, KH Hasanuddin, Habib Ali, Guru Yanor Kalua, Guru Juhran, Guru Muaz dan lain – lain.

Acara haul ganal ini diprakarsai Gubernur Kalsel Sahbirin Noor beserta para tokoh ulama khususnya zuriat Datu Kalampayan. Turut  hadir seluruh jajaran SKPD Pemprov Kalsel.

Haul diawali dengan pembacaan Maulid Habsyi dan zikir serta pembacaan manaqib Syekh Arsyad Al Banjary yang merupakan ulama besar asal Tanah Banjar tersebut. Kegiatan haul diakhiri dengan pembacaan doa haul oleh KH Wildan Salman. 

Usai kegiatan haul para ulama dan Habaib menyampaikan seutas doa dan harapan akan peringatan Haul Ganal yang baru pertama kali diadakan tersebut.

Habib Ali menyampaikan doa-doa untuk seluruh masyarakat banua Banjar. “Semoga dengan kegiatan haul Datu Kalampayan ini, kita semua diberikan kesehatan, keberkahan, rezeki dan dikabulkan hajat – hajatnya, amin,” katanya.

Sedangkan Guru Wildan Salman yang merupakan pimpinan Madrasah Tahfidzul Quran Darussalam Martapura, bersyukur dengan terlaksananya Haul Ganal 216 Syekh Arsyad Al Banjary dengan lancar dan aman. Pelaksanaan haul merupakan wujud cinta dan rasa syukur. Syekh Arsyad Al Banjary memiliki peran penting dalam penyebaran Islam di Kalimantan, ia juga tokoh ulama besar bukan hanya di tanah air tapi juga di Asia Tenggara.

“Beliau adalah sosok ulama teladan bagi kita semua, semoga kita mendapatkan kebaikan dan keberkahan dari haul Datu Kalampayan ini,” ujar Guru Wildan yang juga tokoh ulama zuriat Datu Kalampayan.

Sedangkan Guru Yanor Kelua mengatakan bahwa haul ganal datu Kalampayan ini patut untuk terus dilaksanakan secara rutin ke depannya. “Haul Ganal Datu Kalampayan ini diharapkan dapat terus dilaksanakan ke depannya,” katanya. Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here