Banjarmasin : Subdit IV Tipidter Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Kalsel mengamankan MNR diduga, tak punya izin memelihara liar dilindungi, Kamis (12/5/2022).

Dari MNR, Polisi mengamankan satu ekor bekantan betina dan lima ekor kucing hutan yang diperkirakan baru berusia beberapa minggu. 

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel, Kombes Pol Suhasto melalui Kasubdit IV Tipidter, AKBP Ifan Hariyat mengatakan, penyidikan tengah dilakukan oleh pihaknya.

“Setelah diamankan, yang bersangkutan inisial MNR kami amankan dan dilakukan penyidikan lebih lanjut. Apakah satwa dilindungi ini dipelihara atau akan diperjualbelikan,” kata AKBP Ifan, Kamis (12/5/2022).

Untuk sementara MNR disangkakan Pasal 40 Ayat (2) Jo Pasal 21 Huruf a Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati.

” Penyidikan akan diperluas karena pengakuan awal MRN kepada petugas, satwa liar dilindungi itu didapatkannya dari orang lain di kawasan Hulu Sungai Kalsel,” jelasnya.

Selama penyidikan, sementara bekantan dan kucing hutan ini akan dititipkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) untuk dirawat sebelum dilepaskan ke habitat aslinya. Diy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here