Krisis Air Bersih di Pelambuan, PDAM Tak Punya Dana Peremajaan Pipa

0
265

Banjarmasin – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih buka suara soal macetnya air bersih yang sudah berbulan-bulan dirasakan warga kawasan Pelambuan, Banjarmasin Barat.

Ternyata, soal tak ada duit untuk peremajaan pipa, serta tak ada penyertaan modal dari Pemko Banjarmasin.

Pernyataan itu, disampaikan Nur Wakhid, Humas PT PDAM Bandarmasih, Sabtu (14/5/2022).

“Selama 6 tahun ini kita belum bisa menambah atau mengganti pipa induk. Karena kita tidak punya duit. PDAM tidak diberikan penyertaan modal dari pemko,” katanya.

Dia, mengaku sudah berupaya untuk menjaga pelayanan kepada masyarakat agar maksimal dengan menaikan tekanan.

Namun, bagai buah Simalakama saat ini tekanan untuk memenuhi distribusi air ke wilayah pinggiran sudah pada tekanan hampir maksimal.

“Kita sudah naikan tekanan ke 2,7 atmosfer, idealnya 3, tapi kalau kita naikan lagi dipastikan pipa jebol karena sudah tua,” jelasnya.

Sehingga, PT PDAM Bandarmasih saat ini, solusi yang diberikan kepada masyarakat hanya bisa dengan distribusi air bersih dengan unit tangki.

Sementara, itu Lina Warga Pelambuan yang sudah merasakan dua bulan krisis air bersih hanya bisa berharap masalah bisa segera teratasi.

“Tolong pak, kasian kami, kalau pakai galon ga cukup uang kami beli terus, sudah dua bulan seperti ini,” ucap wanita ini sambil menggendong bayinya yang berumur 5 bulan. Diy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here